• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 18 Juli 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Sembilan Mobil Ikan Digelandang ke Kantor Satpol PP Sikka
    VICKY DA GOMEZ | Rabu, 21 Januari 2015 | 19:33 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Sembilan
    Mobil-mobil ikan diparkir di Lapangan Umum Kota Baru, Maumere

     

    Maumere, Flobamora.net - Pasca Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sikka menyita 51 boks ikan yang mengandung formalin, para pedagang ikan di Maumere mulai bereaksi.

     

    Atas inisiatif sendiri mereka pun menggelandang sembilan mobil pengangkut ikan yang hendak dijual di Maumere Kabupaten Sikka dan kabupaten lain di daratan Flores ke Kantor Satpol PP Sikka di Jalan Patirangga.

     

    Dari sembilan mobil itu terdata delapan mobil digelandang pada Rabu (21/1) dinihari sekitar pukul 02.00 – 03.00 Wita. Mobil-mobil ikan ini berangkat dari Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

     

    Ada yang hendak menuju ke Maumere, dan ada juga yang berencana sampai ke Kabupaten Manggarai. Sedangkan satu mobil lainnya dari Wuring Kelurahan Wolomarang Kecamatan Alok Barat digelandang Rabu (21/1) sekitar pukul 06.00 Wita. 

               

    Beberapa pedagang ikan yang ditemui di Kantor Satpol PP Sikka, Rabu (21/1), mengaku mereka terpaksa berinisitif demikian agar ikan-ikan yang dibawa juga menjalani tes untuk membuktikan apakah mengandung formalin atau tidak.

     

    Sikap ini, hemat mereka, agar terjadi keadilan dalam penindakan terhadap ikan-ikan yang dipasok ke Kabupaten Sikka dan kabupaten lainnya di daratan Flores.

               

    Pantauan Flobamora.net sejak Rabu (21/1) pagi, hampir kurang lebih 20 mobil pengangkut ikan terparkir rapi di pinggir Lapangan Umum Kota Baru, persis di depan Kantor Satpol PP Sikka.

     

    Boks-boks ikan yang berisikan ikan tetap berada di atas mobil. Sementara itu hampir sekitar ratusan papalele ikan dan sejumlah pedagang ikan  memenuhi halaman Kantor Satpol PP Sikka. 

               

    Kepala Satpol PP Sikka, Adeodatus Buang da Cunha menjelaskan, setelah mobil-mobil ikan itu digelandang, pada Rabu (21/1) pagi petugas UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka langsung melakukan pemeriksaan.

     

    Dari hasil pemeriksaan diketahui ikan-ikan pada delapan mobil positif mengandung formalin, sedangkan satu mobil ikan yang isinya adalah gurita dinyatakan negatif.    

     

    Sehari sebelumnya, Selasa (20/1), sampai dengan pukul 21.00 Wita, Satpol PP Sikka berhasil menyita 51 boks ikan yang mana ikan-ikan tersebut positip mengandung formalin. Ikan-ikan yang mengandung formalin itu dipasok dari Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Amagarapati Larantuka Kabupaten Flores Timur, Desa Nobo Kabupaten Flores Timur, dan Desa Nangahale Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka.

     

    Hasil identifikasi dari petugas UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka menyebutkan bahwa ikan-ikan tersebut mengandung formalin dengan kadar 0,8 – 1,0 ppm (par per milion).***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.