• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 14 Desember 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Kembalikan Uang Negara, Viktor Sebut Silvanus Kesatria
    VICKY DA GOMEZ | Selasa, 27 Januari 2015 | 20:41 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Kembalikan
    Wakil Ketua Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sikka, Viktor Nekur

     

    Maumere, Flobamora.net - Entah bermaksud menyindir atau tidak, Wakil Ketua Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sikka Viktor Nekur menyebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Silvanus Tibo telah bersikap kesatria karena mengembalikan uang ke kas negara sebesar Rp 175 juta.

               

    Melalui pesan singkat kepada Flobamora.net, Selasa (27/1), dia juga menyebutkan sikap kesatria itu  harus direspons serius oleh Kejaksaan Negeri Maumere dalam melakukan penyelidikan dan penyidikan atas pengelolaan dana pengungsi Rokatenda yang diduga menuai masalah dan cenderung masuk dalam tindak pidana korupsi.          

     

    “Dengan sikap kesatrianya Kepala BPBD Sikka yang mengembalikan uang Rp 175 juta, telah menjadi alat bukti awal yang meyakinkan secara hukum bagi penyidi Kejari Maumere bahwa Kepala BPBD Sikka telah menyalahgunakan keuangan negara yangnsecara khusus diperuntukkan bagi korban bencana,” jelas salah satu pengacara yang berpraktik di Kabupaten Sikka ini.

     

    Dengan pengembalian uang oleh Silvanus, kata Viktor, penyidik Kejari Maumere tidak perlu capai-capai lagi dalam menelusuri aliran dana dari dan ke rekening pribadi Silvabus.

     

    Sebelumnya Ketua DPC PKB Kabupaten Sikka Yoseph Karmianto Eri melalui telepon selular memberikan apresiasi kepada Silvanus yang telah menyetor kembali uang sebesar Rp 175 juta ke kas negara. Dia menyebutkan itu sebagai sikap gentelmen untuk mempertanggungjawabkan perbuatan yang sudah dilakukan.

     

    Meski demikian dia menegaskan mengembalikan uang kas negara, sudah menunjukkan bukti yang cukup untuk menetapkan Silvanus sebagai tersangka pada kasus dugaan korupsi penyalahgunaan dana pengungsi.

     

    Karena itu anggota DPRD Sikka dari Fraksi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ini mendesak Kejari Maumere secepatnya meningkatkan kasus penyalahgunaan uang negara ke tahap penyidikan dan segera menetapkan tersangka.

     

    Sebelumnya diberitakan, di tengah penyelidikan pengelolaan dana pengungsi Rokatenda, ternyata Kepala BPBD Kabupaten Sikka, Silvanus Tibo telah menyetor kembali ke kas negara dana sebesar lebih dari Rp 170 juta. Namun setoran ke kas negara itu tidak mempengaruhi status Silvanus Tibo sebagai tersangka kasus MCK (mandi cuci kakus) pengungsi Rokatenda.

               

    Kepala Kejari Maumere Martiul yang dihubungi di Kantor Kejari Maumere Senin (26/1) membenarkan bahwa Silvanus Tibo telah menyetor kembali kas negara dana pengungsi sebesar Rp 170 juta lebih. Tersangka MCK itu telah memperlihatkan bukti setoran kepada Martiul pada Rabu (21/1) lalu.

     

    “Dia (Silvanus Tibo, Red) sudah datang ke sini, dan perlihatkan kepada kami bukti setoran ke kas negara, kira-kira Rp 170-an juta. Saya tidak hapal angkanya. Bukti setoran cuma satu lembar, dia perlihatkan ke kami lalu (bukti setoran) dia bawa pulang,” jelas Martiul.

     

    Silvanus Tibo yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/1), mengakui telah menyetor kembali ke kas negara sebesar Rp 175 juta. Penyetoran kembali itu dia lakukan karena ada temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan NTT.

     

    Dari audit yang dilakukan BPK Perwakilan NTT, ditemukan adanya pengelolaan dana pengungsi Rp 175 juta yang tidak wajar, di mana Bendahara BPBD mengirim uang sebesar itu ke rekening pribadi Silvanus Tibo.

     

    “Bendahara kirim ke rekening saya sebesar Rp 175 juta. Lalu ada temuan setelah audit BPKP NTT. Saya sudah kembalikan ke kas negara, saya setor lewat Bank BNI dan Mandiri,” jelasnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        2 komentar



      NN 03 April 2017 - 11:23 WIB
      DLnaz3 <a href="http://mwxolzqpavlk.com/">mwxolzqpavlk</a>, [url=http://owvuzmpdpvkt.com/]owvuzmpdpvkt[/url], [link=http://bvslihivwyyk.com/]bvslihivwyyk[/link], http://sbdknwvcvfqq.com/


      NN 03 Januari 2017 - 16:15 WIB
      f3PBs0 http://www.FyLitCl7Pf7ojQdDUOLQOuaxTXbj5iNG.com
      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.