• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 18 Oktober 2018

     

     
    Home   »  Gaya Hidup
     
    Jaga Kesehatan Ginjal dengan Cara Ini
    ANA DEA | Sabtu, 31 Januari 2015 | 07:47 WIB            #GAYA HIDUP

    Jaga
    Ilustrasi

     
    FLOBAMORA.NET - Penyakit ginjal kronik saat ini menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita. Gagal ginjal kronik lebih beresiko diderita oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit dalam keluarga, menderita hipertensi atau diabetes.

    Di Amerika Serikat, saat ini tercatat ada 26 juta orang yang menderita gagal ginjal kronik. Penyakit ini terjadi ketika ginjal tidak bisa melakukan tugasnya untuk membuang racun dan produk sisa dari darah.

    Banyak orang yang tidak menyadari mereka sebenarnya beresiko tinggi menderita gagal ginjal kronis. Ini karena penyakitnya memang berkembang sangat lambat selama bertahun-tahun sebelum ada gejala yang muncul.

    Terlambat menyadari gagal ginjal kronis bisa menyebabkan seseorang harus rutin melakukan cuci darah (dialisis) untuk bertahan hidup, bahkan cangkok ginjal. Gagal ginjal yang masih stadium awal pun jangan disepelekan karena bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, demikian juga dengan anemia dan penyakit tulang.

    Karena penyakit ginjal tak menimbulkan gejala pada tahap awal, cara terbaik untuk mengetahuinya sebelum penyakitnya berkembang adalah dengan melakukan tes. Jadi jika Anda menderita diabetes, tekanan darah tinggi, memiliki riwayat dalam keluarga, atau berusia di atas 60 tahun, lakukan pemeriksaan fungsi ginjal.

    Jika Anda terdiagnosis menderita penyakit ginjal, penyakit ini tidak bisa disembuhkan, tapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperlambat kerusakannya.

    1.  Kontrol tekanan darah
    Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, upayakan agar tekanannya di bawah 130/80. Konsultasikan pada dokter apakah Anda memerlukan bantuan obat hipertensi.

    2.  Kontrol diabetes
    Jika Anda pengidap diabetes, jagalah agar kadar gula darah mendekati kadar normal.

    3. Ubah pola makan
    Hal ini berarti Anda harus mengurangi asupan protein dan fosfor, menurunkan asupan sodium dan juga potasium.

    4. Olahraga, turunkan berat badan
    Bila Anda kegemukan dan jarang bergerak, mulailah melakukan olahraga aerobik (jalan, jogging, berenang, bersepeda) secara teratur. Olahraga bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengontrol diabetes dan menurukan berat badan.

    5. Berhenti merokok
    Penyakit jantung adalah komplikasi terbesar yang bisa dialami penderita penyakit ginjal yang masih merokok. Merokok juga menggandakan laju perburukan penyakit.

    6. Perhatikan obat
    Sebagian obat bisa merusak ginjal, terutama obat dosis tinggi yang dikonsumsi dalam jangka panjang. Suplemen herbal juga bisa berbahaya. Jadi, berhati-hatilah memilih obat.

     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.