• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 19 Juni 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Disiplin Kerja di Dinas Nakertrans Ende Sangat Lemah
    ELEN | Minggu, 22 Februari 2015 | 21:13 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Disiplin
    Sekretaris Dinas Nakertrans Kabupaten Ende, Semu Anastasia

     

    Ende, Flobamora.net – Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dis Nakertrans ) Kabupaten Ende, Semu Anastasia menilai penerapan disiplin dan suasana kerja di institusi tersebut sangat  lemah.

     

    Ditemui di Kantornya, Jumat pekan lalu, Anastasia menuturkan, dia bertekad untuk mengembalikan pelaksanaan disiplin di lingkungan kantor tersebut sesuai proporsinya, khususnya menyangkut disiplin waktu, tata laksana, pengelolaan keuangan dan etika.

     

    “Kami harus mengambil langkah-langkah pembenahan dan penegakan disiplin secara internal. Ini dilakukan setelah terlebih dahulu berkoordinasi dengan kepala dinas dengan maksud agar semua pelaksanaan keorganisasian harus berada dan berjalan di atas regulasi,” katanya.

     

    Dia mengakui, sebagai orang baru di kantor itu, setelah masuk di dinas tersebut dia melihat dan mencermati semua pelaksanaan ketatalaksanaan, administrasi keuangan, tupoksi, etika pergaulan, pengelolaan keuangan dan disiplin waktu sangat lemah.

     

    Dia bertekad untuk meluruskan kembali, agar semua karyawan terutama yang berurusan dengan keuangan terhindar dari jeratan hukum.

     

    “Kondisi yang ada harus segera dibenahi agar pelaksanaan tupoksi kesekretariatan dan Nakertrans secara umum bisa berjalan secara wajar, transparan dan akuntable. Saya melihat di sini, khususnya dalam pengelolaan keuangan tidak transparan. Akibatnya suasana kerja menjadi tidak kondusif. Bisik sana, bisik sini selalu saja terjadi,paparnya.

     

    Di bidang keuangan, kata dia, sudah terjadi pengambilalihan tupoksi dari bendahara oleh ASN yang bukan bendahara. Padahal, menurut regulasi, tugas bendahara harus dilaksanakan oleh bendahara secara total, mencakup menerima, mengelola, mengadministrasikan dan mempertanggungjawabkan. Bukan orang lain di luar bendahara yang melaksanakan tupoksinya.

     

    Dia heran, manakala bendahara menjadi penonton yang hanya menanda tangani SPJ dan lain kebutuhan administrasi keuangan. Selanjutnya yang mengelola, membelanjakan dan membuat SPJ orang lain.

     

    Dia mengatakan, sudah mendapat laporan tentang ketidakberesan pengeluaran dan pembelanjaan keuangan. Sebagai contoh, dana ATK digunakan untuk kepentingan di luar ATK seperti pembelian minyak Bimoli dan lain-lainnya. Namun pertanggunganjawabnya seolah-olah telah membeli sejumlah ATK maupun foto copy.

     

    Selain soal pengelolaan keuangan, dia juga membangun komitmen bersama dengan semua staf untuk sama-sama menegakkan disiplin apel pagi dan masuk keluar kantor. Komitmen ini sudah disepakati oleh semua unsur ASN di lingkungan Dinas Nakertrans Kabupaten Ende.

     

    “Selama ini bupati tidak mengetahui buruknya pengelolaan keuangan di Dinas Nakertrans Ende, khususnya di lingkungan sekretariat,” tambahnya.

     

    Dia berjanji secepatnya menyampaikan hal tersebut kepada bupati setelah terlebih dahulu membicarakan berbagai solusi terbaik bersama kepala dinas dan semua kepala bidang.

     

    Sementara itu, salah seorang staf di kantor itu  mengatakan, tekad sekretaris dinas tersebut tidak disenangi dan menjadi batu sandung bagi oknum pegawai yang selama ini mengelola keuangan secara tidak proporsional dan tidak transparan.

     

    Malah, sambungnya,  mereka mencoba melakukan lobi ke atasan, agar sekretaris dinas yang baru bisa dimutasikan lagi ke tempat lain karena dianggap terlalu berpatok pada regulasi. ***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.