• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 18 Juli 2018

     

     
    Home   »  Internasional
     
    Peringati 70 Tahun HUT Kemerdekaan, Masyarakat Indonesia Gelar Festival Budaya
    NDO | Rabu, 18 Maret 2015 | 12:26 WIB            #INTERNASIONAL

    Peringati
    Pantia pelaksana Festival Iodonesia di Orlando, Florida, USA

     

    Orlando, Florida, Flobamora.net - Masyarakat Indonesia  yang bermukim di Florida, USA menurut rencana akan menggelar Festival Indonesia  dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan negeri kepulauan ini ke-70.

            

    “Tahun 2015, Indonesia genap berusia 70 tahun. Momentum  ini perlu dirayakan dan dimaknai khususunya bagi warga Indonesia di luar negeri. Karena itu kita mencoba mendesain acara Festival Indonesia di Florida dan beberapa  state lainnya,” kata Isman Pasha, Konsul Fungsionaris Bidang Ekonomi, Konsulat Jeneral Republik Indonesia Huston-Texas dalam acara pertemuan komunitas Indonesia untuk negara bagian Florida di Orlando Fashion Square, Sabtu 14/3) lalu.

     

    Menurutnya, ini adalah sebuah momentum untuk bergerak maju. Kesempatan ini menunjukan kepada dunia, Indonesia adalah negara yang kaya dan merupakan salah satu negara yang memiliki kekuatan ekonomi terbesar di Asia selain China dan India.

     

    Isman yang juga Ketua Umum Kepantiaan Festival Indonesia ini menyatakan, sebagai negara yang memiliki kekuatan ekonomi di Asia Tenggara diharapkan ke depan perlu ada dukungan komunitas Indonesia di luar negeri.

     

    “Harus ada dukungan khususnya untuk komunitas Indonesia di luar negeri dalam mempromosikan Indonesia serta mendukung pembangunan dalam berbagai bentuk kegiatan untuk memacu perkembangan ekonomi Indonesia, Saatnya sekarang kita bersatu untuk membangun Indonesia,” tandas Ishan.

     

    Dia mengatakan, pada Maret 2016 mendatang adalah kesempatan langka, dimana hanya 40 tahun sekali terjadi gerhana matahari total yang melewati garis khatulistiwa.Gerhana itu  hanya bisa dilihat di wilayah Indonesia seperti Manado, Palu, Pontianak dan beberapa wilayah Indonesia lainnya.

     

    Dia menambahkan, momentum gerhana matahari total ini iharus menjadi highlight atau gerbang masuk untuk mempromosikan Indonesia dengan segala kekayaan dan potensi pariwisatanya, agar warga Amerika bisa berlibur ke Indonesia. Karena itu pihaknya mencoba memperkenalkan Indonesia melalui Festival ini agar mereka tidak hanya mengenal Bali namun juga beyond  Bali.

     

    Festival yang direncanakan  akan digelar pada 7 November 2015 mendatang bertempat di Orlando, kata dia, karena pada pekan tersebut hadir berbagai kalangan pebisnis mengikuti acara DEMA (international trade event for Diving) yang berlangsung di Orange County Convention Center, Orlando Florida pada 4-7 November  2015 dan tim Kementerian Pariwisata dari Indonesia ikut serta dalam kegiatan tersebut.

     

    Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu menyepakati pembentukan kepantiaan festival  dan juga meracang berbagai acara yang akan diisi dalam festival seperti pameran, pentas acara untuk promosi budaya,  kesenian, tarian tradisional,  kuliner,  cuisine,  vendors , product handicraft, batik show dan tenun ikat juga menampilkan makanan khas daerah yang dibagi ke dalam lima zona wilayah, Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi, Sunda Kecil (Bali dan Nusa Tenggara) serta Maluku dan Papua.

     

    Ketua pelaksana festival, Putri Anglingkusumo, yang  jugaVice President ofAsian American Heritage Council of Central Florida (AAHC)  menuturkan, dalam rangka mempersiapkan Festival Indonesia ini, soft launcing-nya akan dilakukan pada bulan Mei dalam acara Asian Festival.

     

    “Kta akan melakukan soft launcing Indonesia Fetival ini pada bulan Mei mendatang dalam acara Asian Festival di Orlando,” ujarnya.

     

    Senada dengan Putri, Yanty Wyant salah seorang pengurus VIDA,  Voice of Indonesia in Florida menuturkan, pihaknya akan mengumumkan festival tersebut di Melbourne “Kita akan umumkan sebagai soft launcing Festival Indonesia pada bulan Agustus mendatang, karena ada acara Celebrating Indonesian Culture Event di Melbourne,” tutur Yanti.

     

    Sementara itu, Dharma Batubara koordinator sponsorship Festival Indonesia mengharapkan, dukungan berbagai pihak untuk menyukseskan acara Festival Indonesia yang pertama di Orlando.

     

    “Kita dengan penuh semangat, mencoba mengibarkan merah putih di Orlando dan memperkenalkan Indonesia sebagai negara yang kaya akan tradisi dan kebudayaan serta potensi pariwisatanya,” tegas Dharma.

     

    Adapun komunitas Indonesia Florida yang siap mendukung kegiatan festival tersebut antara lain Horas Florida, KKI Orlando, IAWA, MAPALUS, VIDA Florida, KKI West Palm Beach, Gereja CBM Florida, Gereja Rock Tampa, INASOF,  Komunitas Jacksonville, Komunitas Indonesia Tallahas see, Komunitas Indonesia Gainesville, Komuntitas Indonesia Melborne dan Komunitas Indonesia Tampa.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.