• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 14 Desember 2018

     

     
    Home   »  Opini
     
    Mari Dukung Program Transmigrasi Menteri Desa
    ZAINAL MUID | Senin, 23 Maret 2015 | 09:32 WIB            #OPINI

    Mari
    Ilustrasi Desa Tertinggal

     

    Oleh Zainal Muid (Aktivis PMII Cabang Ciputat/Pemerhati Sosial)

     

    Upaya Menteri Desa Marwan Jafar untuk mengentaskan kemiskinan dengan cara transmigrasi layak bahkan wajib mendapat apresiasi “jempol” dari kita semua. Transmigrasi ini sebenarnya bukan barang baru lagi, sudah lama upaya pengentasan kemiskinan dengan trasmigrasi dilakukan, tetapi karena kurangnya sosialasisasi lebih lanjut menjadikan masyarakat enggan melakukannya.

     

    Program yang diusung Menteri Desa dengan memprioritaskan daerah perbatasan sebagai daerah transmigrasi dirasa sudah tepat sasaran. Daerah perbatasan merupakan daerah yang sampai saat ini masih luput dari pengawasan pemerintah. Dengan dijadikannya prioritas tempat transmigrasi, diharapkan daerah-daerah di perbatasan akan semakin mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah sehingga upaya pembangunan bisa lebih maksimal.

     

    Program Transmigrasi  yang  disodorkan  Menteri Desa ini tidak sekadar memberi lahan garapan seluas 2 hektar  semata, melainkan setiap keluarga  transmigran nantinya juga mendapatkan uang bulanan Rp 3 juta dan juga mendapatkan pelatihan dari profesional, yang diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonominya.

     

    Tempat  yang  menjadi  lahan garapan nantinya akan dilakukan dengan pola Perkebunan Inti Rakyat (PIR) dimaksudkan agar kawasan perbatasan yang tadinya tak berpenghuni atau masih jauh dari sejahtera bisa secepatnya maju dan meningkat nilai perekonomiannya.

     

    Infrastruktur yang memadai menjadi salah satu kunci pokok berkembang atau tidaknya suatu daerah ke depan.  Seandainya infrastruktur seperti jalan yang menjadi akses masyarakat untuk bertransaksi tidak mendapatkan perhatian lebih, maka akan sangat mustahil menjadikan suatu daerah untuk berkembang.

     

    Untuk mengatasi hal itu Menteri Desa Marwan Jafar ternyata telah menyediakan solusi yang jitu seperti, perkebunan yang nantinya akan dikelola masyarakat akan bekerjasama dengan beberapa perusahaan dari sektor perkebunan untuk berinvestasi. Selain itu BUMDes yang dibentuk masyarakat diharapkan bisa bersinergi dengan para investor untuk membangun infrastruktur-infrastruktur yang sangat penting bagi suatu daerah, seperti jalan, tempat pendidikan, dan sarana-sarana penting lainnya.

     

    Saya sebagai masyarakat Indonesia sangat mendukung  penuh upaya  Menteri Desa Marwan Jafar untuk mengurangi kemiskinan dan juga pengangguran dengan cara transmigrasi ini. Cara ini dinilai sangat efisien untuk memberikan lapangan pekerjaan baru sekaligus dapat menjadikan suatu daerah berkembang dengan pesat dan bisa sejajar dengan daerah-daerah berkembang lainnya.

    _________________________________________________

    Isi opini diluar tanggung jawab redaksi flobamora.net


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.