• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 18 Agustus 2018

     

     
    Home   »  Gaya Hidup
     
    Manfaat Dashyat Konsumsi Kacang Bagi Kesehatan
    ANA DEA | Jumat, 27 Maret 2015 | 08:10 WIB            #GAYA HIDUP

    Manfaat
    Ilustrasi

     
    FLOBAMORA.NET - Pada anak-anak, konsumsi kacang-kacangan disebut bisa membantu menurunkan risiko alergi. Nah, selain itu, makanan yang terhitung murah ini juga bermanfaat untuk kesehatan jantung lho.

    Sebuah penelitian baru mengatakan bahwa kacang dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Penelitian ini menggunakan populasi yang besar dari Amerika Serikat bagian selatan dan Tiongkok. Mereka pun tidak menggunakan kacang khusus dan meneliti peserta yang sebagian besar berpenghasilan menengah ke bawah.

    Para ilmuwan melihat seberapa banyak kacang (semua jenis kacang dan olahannya), lalu mengelompokkan orang-orang tersebut menjadi lima kelompok. Dengan waktu penelitian lima tahun di Amerika dan 6-12 tahun di Tiongkok. Peserta dari Tiongkok makan kacang lebih sedikit dari peserta Amerika. Di kedua negara, wanita mengonsumsi kacang lebih sedikit dibanding pria.

    Hasil yang didapatkan adalah kacang dapat menekan risiko terjadinya kematian karena penyakit jantung sebanyak 21 persen di Amerika. Dam hasil penelitian di Tiongkok, terlihat penurunan risiko terserang penyakit jantung sebanyak 17 persen.

    Pada penelitian sebelumnya, kacang ditemukan dapat menurunkan risiko kematian akibat stroke dan penyakit jantung. Namun, menurut Dr David Maron, direktur kardiologi preventif dari Stanford University School of Medicine, hanya kacang yang dapat menurunkan risiko tersebut. Sebab, olahan dari bahan kacang seperti selai kacang tidak memiliki pengaruh signifikan.

    "Selai kacang tidak menurunkan risiko tersebut karena mungkin terdapat bahan tambahan lain seperti gula dan lemak sehingga manfaat kacangnya hilang," ujar Dr Maron yang tidak terlibat dalam penelitian ini, dikutip dari Reuters, Rabu (4/3/2015).

    Dr Mutchell Katz, direktur Los Angeles County Departement of Health Services mengatakan, studi ini menunjukkan bahwa kacang adalah makanan yang bermanfaat. Apalagi, tidak hanya tipe orang tertentu yang dapat mengonsumsinya. Sebab, penelitian serupa sebelumnya melibatkan responden dengan status ekonomi sosial tinggi dan ras tertentu.

    Orang-orang yang melakukan diet rendah lemak banyak yang menghindari kacang-kacangan, meskipun jenis lemak dalam kacang sehat, mereka berasumsi kacang mempunyai lemak tinggi dan kolesterol. Dr Ethan Weiss dari Cardiovascular Research Institute di University of California, San Fransisconi menanggapi bahwa hal ini mengejutkan.

    "Dulu kami diberitahu untuk tidak mengonsumsi kacang karena lemak tinggi dan kolesterol. Sekarang, dari studi ini terlihat bahwa kacang itu benar-benar baik untuk Anda," tutup Dr Weiss.

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.