• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 18 Juni 2018

     

     
    Home   »  Travel
     
    Edinburgh, Kota Tua dan Kota Baru, Kerajaan Inggris Raya
    YOHANES LANGGAR BILLY | Rabu, 15 April 2015 | 08:28 WIB            #TRAVEL

    Edinburgh,
    Dok Web - Situs Warisan Dunia

     

    Flobamora.net – Ibukota Skotlandia sejak 1437, Edinburgh memiliki dua wilayah yang berbeda: Kota Lama yang didominasi oleh kubuh pertahanan abad pertengahan Kastil Edinburgh; dan Kota Baru neoklasikal, yang pembangunannya sejak abad kedelapanbelas dan seterusnya memiliki banyak pengaruh terhadap rencana tata kota benua Eropa. Kedua wilayah tersebut merupakan kombinasi luar biasa antara fenomena pertumbuhan perkotaan organik abad pertengahan dan rencana tata kota abad kedelapanbelas dan abad kesembilanbelas. Perluasan-perluasan tata kota Kota Baru yang berkelanjutan dan kualitas arsitektur yang tinggi menjadikan Skotlandia dan daerah-daerah jauh di luar Skotlandia menjadi rujukan pembangunan.

     

    Kastil Edinburgh dibangun pada abad keduabelas di atas puncak bukit dengan formasi crag-and-tail, yang dikenal dengan nama Castle Rock; Jalan Tinggi terletak di punggung ‘ekor’ bukit yang menghubungkan Kastil dengan tembok-tembok kota. Jalan-jalan lain, yang disebut closes atau wynds – ciri jalan-jalan sempit di antara rumah-rumah di kota-kota dan di desa-desa di Skotlandia dan di Inggris Utara – berinduk pada Jalan Tinggi pada kedua sisinya. Sering terjadinya perang dengan Inggris membuat Edinburgh dan sebagian besar gedung-gedungnya dibangun dikelilingi tembok. Terbatasnya ruang dan juga daerahnya yang berjurang-jurang di samping kiri kanan bukit membuat Edinburgh membangun tempat hunian bertingkat-tingkat sejak akhir abad pertengahan dan seterusnya, dengan beberapa jalan dibangun di bawah tanah.

     

    Sebelum abad kedelapanbelas, Edinburgh sudah menjadi sangat padat sehingga pihak berwenang merasa perlu untuk memperluas pembangunan kota ke arah utara. Kompetisi untuk merancang daerah baru dimenangi oleh James Craig, seorang arsitek lokal berusia 26 tahun, pada 1766. Rancangan resmi jaringan jalan yang dibuatnya dianggap mencerminkan ide Pencerahan Skotlandia yang rapih dan bergaya neoklasikal dan rancangannya itu begitu berhasil sehingga idenya tersebut dikembangkan secara besar-besaran. Bagian dari perluasan itu adalah Alun-Alun Charlotte yang dirancang oleh Robert Adam.

     

    Penghubungan Kota Lama dan Kota Baru dengan jalan dan jembatan, dan pembangunan gedung-gedung neoklasikal  di kedua-duanya – seperti rancangan Kampus Lama Universitas Edinburgh oleh Adam – menjadikan kedua wilayah bersejarah ini kelihatan harmonis dan menjadikannya kota yang memiliki karakter yang unik.

     

    Kapela St Margareta merupakan satu-satunya bagian dari Kastil Edinburgh yang selamat dari pengrusakan akibat perang yang berlangsung selama berabad-abad. James VI Skotlandia dan James I Inggris, putra Maria, Ratu Skotlandia, dilahirkan di Kastil Edinburgh pada 1556.

     

    Istana Holyroodhouse, tempat berlangsungnya banyak peristiwa penting dalam sejarah Skotlandia awal mulanya adalah rumah penginapan Biara Holyrood. Rumah penginapan ini kemudian diubah menjadi tempat tinggal raja oleh Raja James IV (1473-1513)  dan merupakan tempat tinggal resmi raja di Skotlandia. 


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.