• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 25 Mei 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    OASE KK Gandeng PKK Sosialisasi Deteksi Dini Kanker
    ALBERTO | Selasa, 21 April 2015 | 21:12 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    OASE
    Pengurus OASE KK, Ny. Bintang Puspayoga dan Ny. Rini Rudiantara bersama Ketua Tim Penggerak PKK Nusa Tenggara Timur Ny.Lucia Adinda Lebu Raya pada acara launching program pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia di Kupang, Selasa (21/4)

     

    Kupang, Flobamora.net - Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) menggandeng Tim Penggerak PKK untuk melakukan sosialisasi program pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan Indonesia.

     

    Pengurus OASE KK, Ny. Bintang Puspayoga yang adalah istri Menteri Koperasi dan UKM, A.G  Puspayoga kepada wartawan di Kupang, Selasa (21/4) menjelaskan, OASE KK merupakan sebuah organisasi para pendamping menteri dan unsur eksekutif lainnya. Misi OASE KK adalah menjalankan pendidikan karakter, upaya peningkatan kualitas keluarga dan melakukan kegiatan pemberdayaan sosial budaya.

     

    “Kami berusaha memberikan informasi tentang pogram pencegahan dan deteksi dini Kanker pada perempuan Indonesia periode 2015 – 2019. Kegiatan ini kami menggadeng PKK karena kami tahun struktur PKK itu sangat lengkap sampai di tingkat desa dan dasawisma,” kata Bintang Puspayoga.

     

    Didampingi Rini Rudiantara, istri Menneg Kominfo  Ny. Bintang Puspayoga mengatakan, OASE KK akan melakukan inisiasi program kelompok-kelompok pendukung bagi para perempuan yang terdeteksi kanker yang dinamakan OASE KITA (OASE Kepedulian Indonesia Temani Anda) yang akan dibentuk di kabupaten/kota atau provinsi dengan ujung tombaknya adalah kader PKK.

     

    Selain itu, OASE dan PKK akan melakukan pemantauan terhadap pencatatan data kesehatan perempuan yang terkait program ini sebagai masukan kepada pemerintah dalam perbaikan program kedepannya.

     

    OASE dan PKK lanjutnya, memastikan Puskesmas memiliki jadwal rutin pemeriksaan IVA atau kesehatan perempuan.

     

    Dia juga menjelaskan, OASE KK juga akan memberikan penghargaan setiap tahun selama lima tahun antara lain kepada Puskesmas dengan jumlah pemeriksaan terbanyak, tim penggerak PKK yang paling aktif, kepala daerah paling aktif tingkat provinsi, tenaga medis yang berperan aktif menyukseskan program. Aktor paling berjasa dalam pembuatan dan pelayanan hotline services.

     

    Selain itu juga penghargaan kepada sponsor yang berperan aktif mensukseskan program, supporting group terbaik pasca IVA Positif, Universtias yang palng mencuport program ini, media yang paling baik penayangan dalam mendukung program ini, penulis di media yang paling baik inspiratif mendukung program dan penyuluh IVA terbaik.

     

    Ditanya, mengapa OASE KK memilih PKK sebagai mitra dalam menjalankan program ini, Puspayoga mengatakan, PKK merupakan organisasi perempuan yang merupakan aktor pembangunan penting yang sangat bisa diandalkan untuk peningkatan kualitas keluarga.

     

    “Organisasi ini paling dekat dengan masyarakat sampai ke akar rumput yang anggotanya harusnya adalah semua warga dengan program Dasawisma-nya. Dan kami sangat yakin, bersama PKK program ini akan berhasil dengan baik,” katanya.

     

    Menurutnya, PKK adalah penggerak yang sangat berjasa dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia sejak tahun 1987. PKK dengan sepuluh program pokoknya itu pernah mendapatkan penghargaan-penghargaan internasional seperti Maurice Pate UNICEF Award dan Sasakawa Health Price Award, maupun penghargaan tingkat nasional untuk kegiatan-kegiatan dalam bidang kesehatan, pendidikan, keluarga berencana, lingkungan hidup dan lainnya.

     

    “Kelompok-kelompok PKK dahulu dibentuk di tingkat dusun, RW, RT dan kelompok Dasawisma guna meningkatkan pembinaan warga. Karena itu dengan menggandeng PKK maka itu merupakan cara strategic untuk mendukng tercapainya nawacita Presiden Jokowi yang terkait upaya revolusi mental dan pemberdayaan masyarakat khususnya peningkatan kualitas keluarga,” katanya.

     

    Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTT, Ny. Lucia Adinda Lebu Raya mengatakan, dia akan menggerakkan seluruh kader PKK diseluruh wilayah ini untuk mendukung program ini. Pasalnya program ini sangat besar manfaatnya untuk kesehatan kaum perempuan.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.