• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 18 Juli 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Hadapi Pileg, KPU Ende Bekali Relawan Demokrasi
    LEX | Kamis, 30 Januari 2014 | 15:37 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Hadapi
    Ketua KPU Ende Sedang Memberikan Arahan kepada Relawan Demokrasi

     
    Ende, Flobamora.net - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ende menggelar pertemuan dan pembekalan bagi  25 calon Relawan Demokrasi untuk menghadapi Pemilihan Legislatip April 2014 mendatang.

    "Relawan Demokrasi (Relasi) ini merupakan mitra KPU dalam kaitan dengan tugas sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten," kata Ketua KPU Ende,  Florentinus H Wadhi, Kamis (30/1).

    Menurutnya, relasi merupakan gerakan sosial yang bermaksud meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalammenggunakan hak pilihnya. Diharapkan Relasi bisa menjadi pelopor demokrasi bagi semua segmen komunitas.

    Karena itu, sambungnya, bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh dari masyarakat untuk menggunakan haknya dalam Pemilu secara optimal.

    Terbentuknya Relasi ini, tambahnya, karena melihat kecenderungan angka partisipatif dari tiga tahun terakhir cenderung menurun. Faktor penyebabnya bermacam-macam, diantaranya rasa jenuh karena frekuensi pemilunya yang tinggi, ketidakpuasan terhadap sistem pemilu dan sistem kerja, adanya paham anti demokrasi, melemahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya Pemilu sebagai instrumen transformasi sosial.

    Sementara itu Komisioner KPU Ende, Rosario Ndai dalam materinya mengatakan, Program Relawan Demokrasi ini (Relasi) yang digagas KPU melibatkan kelompok masyarakat yang berasal dari lima segmen pemilih strategi, diantaranya Pemilih Pemula, Kelompok Agama, Kelompok Perempuan, penyandang disabilitas dan kelompok pinggiran.

    “Tujuan dari Program Relawan Demokrasi yakni untuk meningkatkan kualitas proses Pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda Pemilu dan demokratisasi,” katanya.
     
    Kepada para Relawan Demokrasi, dia berpesan untuk benar-benar menjalankan tugasnya membantu KPU dalam rangka mengajak peran serta masyarakat untuk mengikuti secara sadara pelaksanaan pemilihan Umum Legislatif 2014 ini.

    “Mudah-mudahan dengan adanya rekan-rekan paling tidak ada peningkatan dalam hubungan dengan partisipasi masyarakat dalam menggikuti Pemilihan Umum ini. Untuk itu bukan saja angka partisipasi pemilih, namun inflasi kualitas memilih harus dipulihkan dimana  memilih adalah tindakan politik yang mulia,“ pungkasnya. ***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.