• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 18 Juli 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    5.174 Siswa SMP Siap Ikut Ujian Nasional
    ALEX | Jumat, 01 Mei 2015 | 14:59 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    5.174
    Sekretaris Dinas PPO Kabupaten Ende, Maria Margareta Pe

     

    Ende, Flobamora.net - Sebanyak 5.174 pelajar SMP/MTs dan empat siswa SMPLB di Kabupaten Ende telah siap mengikuti Ujian Nasional yang mulai digelar, Senin (3/5).

     

    Peserta UN itu terdiri dari laki-laki sebanyak 2.602 orang  dan perempuan 2.572 orang dengan jumlah sekolah penyelenggara di 89 SMP/MTs/SMPLB.

     

    “Semua persiapan berkaitan dengan ujian sudah rampung dikerjakan termasuk distribusi naskah UN ke sekolah-sekolah,” kata Sekretaris Dinas PPO Kabupaten Ende, Maria Margareta Pe saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis ( 30/4).

     

    Dia berharap pelaksanaan UN SMPSMPLB bisa berjalan baik, aman dan tertib serta tidak akan ada kendala yang berarti, karena segala persiapan untuk penyelenggaraan UN sudah dipersiapkan dengan baik.

     

    "Sementara itu, berkaitan dengan naskah ujian sudah diterima dan kini dalam tahap pendistribusian " katanya.

     

    Dia menjelaskan, Jumat (24/4) lalu pihaknya sudah menerima naskah ujian nasional. Kamis (30/4). Dinas PPO telah melakukan pendistribusian ke wilayah-wilayah kecamatan melalui pengawalan aparat kepolisian.


    "Seperti biasa untuk sekolah di kota distribusi akan dilakukan saat UN dan naskahnya disimpan di kantor dinas dengan dikawal aparat kepolisian. Sementara untuk luar kota naskah UN dititipkan di Polsek setempat dan pada saat UN baru didistribusikan ke sekolah," ujarnya.

     

    Dia yakin hasil terbaik yang akan diraih para siswa, yakni 100 persen. Namun itu semua berpulang kepada kesiapan siswa dan masing-masing sekolah.

    Dia menuturkan, hingga sekarang belum ada laporan dari UPTD di kecamatan terkait dengan pengunduran diri para siswa. Hingga saat ini peserta masih berjumlah 5.174 orang dan belum berubah.


    Pelaksanaan UN untuk tingkat pelajar SMP/MTs/SMPLB menggunakan sekitar 303 ruangan dan diawasi 606 pengawas yang berasal dari para guru lintas sekolah dimana sebutnya, satu ruangan diawasi dua orang guru dari sekolah berbeda.

    "Kita lakukan sistem silang, di mana guru dari sekolah lain akan mengawasi sekolah penyelenggara ujian nasional. Sementara pihak Dinas PPO juga akan menurunkan timnya ke sekolah penyelenggara UN untuk melakukan pemantauan,” tambahnya.


    Dia menyebutkan, langkah yang ditempuh Dinas PPO dengan melakukan pengawasan silang dan juga penjagaan oleh pihak kepolisian dengan melibatkan Dinas PPO agar pelaksanaan UN SMP ini bisa berjalan aman dan jujur.


    Kata dia, Menteri Pendidikan telah mengumumkan Kabupaten Ende sebagai salah satu pelaksana UN SMA dengan indeks kejujuran tinggi dari 52 kabupaten di Indonesia periode  2010-2014. Karena itu diharapkan untuk tingkat SMP juga bisa mendapat indeks kejujuran yang sama.

     

    “Untuk itu sistem yang sudah kita lakukan untuk SMA juga terapkan di SMP yakni melakukan pengawasan silang, melibatkan pihak kepolisian dan pihak dinas juga turun langsung memantau jalannya UN di sekolah penyelenggara," tuturnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.