• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 21 November 2018

     

     
    Home   »  Travel
     
    Tembok Cina, Cina
    YOHANES LANGGAR BILLY | Sabtu, 01 Februari 2014 | 01:06 WIB            #TRAVEL

    Tembok
    Dok/Web - Situs Warisan Dunia

     

    Bangsa Cina mengenalnya dengan nama ‘Long Wall of Ten Thousand Li’. Bangunan pertahanan yang kokoh untuk menghalau serangan para musuh ini lebih dikenal dengan sebutan ‘the Great Wall of China’ atau bangsa Indonesia menyebutnya ‘Tembok Cina’. Tembok Cina dibangun di abad kesembilas dan menghabiskan waktu lama dalam penyelesaiannya. Tembok ini adalah bangunan militer terbesar di dunia. Pentingnya bangunan bersejarah dan strategis ini hanya bisa diukur dari pentingnya arsitekturnya.

     

    Membangun tembok-tembok pertahanan adalah strategi yang biasa dilakukan di Cina untuk melindungi diri dari serangan-serangan musuh dan sejak abad kedelapan dan seterusnya sudah ada beberapa tembok yang dibangun di Cina.  Sejak tahun 220 Sebelum Masehi, Qin Shi Huang, kaisar pertama Cina bersatu, berinisiatif menghubungkan tembok-tembok yang terpisahkan  menjadi satu tembok yang terbentang dari wilayah Ordos sampai ke Manchuria. Penyatuan tembok-tembok ini merupakan sistem pertahanan terpadu pertama dalam mencegah serangan-serangan dari utara dan pada abad pertama Sebelum Masehi panjang tembok telah mencapai kira-kira 6000 kilometer yang membentangi Dunhang di sebelah barat dan Laut Bohai di sebelah timur.

     

    Setelah kejatuhan dinasti Han pada 220 Sesudah Masehi , pembangunan dan perawatan Tembok Cina dihentikan: Cina pada saat itu sungguh-sungguh menikmati kekuatan militer yang luar biasa sehingga tidak merasakan perlu adanya lagi kebijakan pertahanan.

     

    Kaisar-Kaisar Ming-lah (1368-1644) yang, setelah mengalami konflik yang panjang yang berujung pada pengusiran orang-orang Mongol, menghidupkan kembali prinsip-prinsip kebijakan pertahanan Qin Shi Huang dan selama antara pertengahan abad ketigabelas dan pertengahan abad keenambelas tembok  sepanjang 5.650 kilometer dibangun.

     

    Untuk mempertahankan batas utara, Tembok Cina dibagi dalam sembilan zhen atau distrik militer dan benteng-bentengnya dibangun pada titik-titik penting strategis seperti di jalan-jalan sempit di antara gunung-gunung atau di sungai-sungai dangkal. Koridor atau lorong berada pada sepanjang puncak tembok untuk memudahkan pergerakan pasukan dengan cepat dan jalan lewatnya kurir kekaisaran. Tembok Cina kepemerintahan Ming sungguh sebuah maha karya, bukan hanya karena ambisi tanggung jawab tetapi juga karena kesempurnaan pembuatannya. Tembok yang dibangun melintasi jarak yang sangat besar ini adalah contoh sempurna arsitektur yang menyatu dengan pemandangan alam.

     


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.