• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 15 Agustus 2018

     

     
    Home   »  Internasional
     
    FBI: Ancaman ISIS Lebih Besar dari Al Qaeda
    ANA DEA | Kamis, 23 Juli 2015 | 13:25 WIB            #INTERNASIONAL

    FBI:
    Anggota kelompok ISIS (Foto : AFP)

     

    ASPEN- Upaya kelompok Negara Islam atau yang lebih dikenal dengan nama ISIS untuk menginspirasi warga Amerika yang bermasalah melakukan aksi kekerasan telah menjadi ancaman teror yang lebih berbahaya bagi AS ketimbang serangan eksternal oleh Al Qaeda. Direktur FBI, James Comey, mengemukakan hal itu di Forum Keamanan Aspen (Aspen Security Forum), Rabu (23/7/2015) setempat.

    Comey mengatakan, kelompok ISIS, yang telah mendeklarasikan sebuah kekhalifahan di wilayah Suriah dan Irak, telah memengaruhi sejumlah besar warga AS, walau jumlah pastinya tidak diketahu, melalui kampanye di media sosial selama setahun dengan mendesak kaum Muslim yang tidak dapat melakukan perjalanan ke Timur Tengah untuk "melakukan pembunuhan di mana kalian berada". Dia mengatakan, Twitter menangani lebih dari 21.000 pengikut berbahasa Inggris kelompok itu di seluruh dunia. Ribuan dari orang-orang itu mungkin warga AS.

    Comey mengungkapkan, FBI telah menangkap sejumlah besar orang yang telah teradikalisasi selama delapan minggu terakhir. Dia tidak menyebut jumlah yang pasti. Dia mengulangi penegasannya sebelumnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut, bahwa beberapa orang yang telah ditangkap tengah merencanakan serangan pada 4 Juli, hari peringatan kemerdekaan AS.

    Comey mengatakan, terlalu dini untuk mengatakan bagaimana Muhammad Youssef Abdulazeez, para pria bersenjata di Chattanooga yang menewaskan lima tentara AS pekan lalu, telah menjadi radikal. Para kerabat Abdulazeez telah mengatakan bahwa dia punya riwayat penggunaan narkoba dan depresi. Comey menegaskan, "Orang-orang Negara Islam sedang mencoba untuk mendekati orang-orang yang Al-Qaeda tidak akan pernah akan gunakan dalam operasinya, karena orang-orang sering tidak stabil, pengguna narkoba bermasalah."

    Saat ditanya, apakah ancaman kelompok ISIS  melebih organisasi saingan yang telah menyerang AS pada 11 September 2001? Comey menjawab, "Ya."

    Dia mengatakan, AS telah melacak puluhan warga Amerika, dari yang berusia 18 hingga 62 tahun, yang telah melakukan perjalanan ke Suriah atau Irak untuk berperang bersama ISIS.  "Saya sangat khawatir tentang apa yang saya tidak bisa lihat," kata Comey. Dia mengatakan, para perekrut kelompok ISIS menggunakan perangkat lunak komunikasi terenkripsi demi menghindari lacakan pihak keamanan AS.

    Comey telah melontarkan peringatan soal radikalisasi dalam negeri itu sebelumnya. Namun perkataannya pada Rabu kemarin memberi sinyal tentang keprihatinan yang mendalam di kalangan para pejabat AS terkait dampak dari upaya ISIS untuk menginspirasi kekerasan teroris. September lalu, sejumlah pejabat senior intelijen AS mengecilkan kapasitas kelompok itu untuk menyerang AS. Matt Olsen, saat itu kepala Pusat Kontra Terorisme Nasional, mengatakan kepada Kongres bahwa AS tidak punya informasi kredibel soal ISIS sedang berencana menyerang Amerika Serikat."

    Para pejabat intelijen tahun lalu mengatakan, yang paling mereka khawatirkan adalah serangan massal terhadap sebuah pesawat AS oleh Al Qaeda Yaman, atau oleh Khorasan Group, cabang Al Qaeda di Suriah. Namun Comey mengatakan pada Rabu, ancaman Kelompok Khorasan telah "secara signifikan berkurang" akibat serangan militer AS. Pentagon hari Selasa mengumumkan bahwa pihaknya telah menewaskan pemimpin Kelompok Khorasan,  Muhsin al-Fadhli, dalam sebuah serangan udara di Suriah pada 8 Juli 2015.***


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.