• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 21 April 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Ruas Jalan Ngalupolo-Reka Masih Diblokir
    ALEX | Minggu, 26 Juli 2015 | 15:51 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Ruas
    ilustrasi

     

    Ende, Flobamora.net - Jalur jalan lintas Selatan Ende antara Desa Ngalupolo dengan Desa Reka di kecamatan Ndona hingga sekarang belum bisa dilewati akibat pemblokiran oleh warga Ngalupolo, meski telah dilakukan upaya penyelesaian oleh Pemerintah Kecamatan Ndona, Kamis (23/7) lalu.

     

    Bahkan, upaya  penyelesaian untuk  membuka kembali jalur jalan tersebut  menemui jalan buntu,Masyarakat Desa Ngalupolo bersih keras tidak mau membuka jalan menuju Desa Reka dengan alasan masyaarakat Reka tidak menyekolahkan anak lulusan SD  di SMPN Ngalupolo.

    Disaksikan Flobamora.net ,upaya  penyelesaian masalah tersebut dilakukan di Kantor Camat Ndona yang juga dihadiri anggota DPRD Ende Antonius Yohanes Bata, Aleksander Sidi dan Yulius Cesar Nonga. Pertenuan pada kesempatan ini langsung menghadirkan kedua pihak yakni  mosalaki, kepala desa dan tokoh masyarakat.

    Upaya penyelesaian yang dilaksanakan itu  sempat menemui jalan buntu. Namun kedua belah pihak diberikan kesempatan untuk berembuk. Setelah sekitar sepuluh menit berembuk, akhirnya disepakati untuk dibuka oleh Mosalaki dan Kepala Desa Ngalupolo.

     

    Setelah itu, Mosalaki dan Kepala Desa Ngalupolo meminta  Camat Ndona Yoris Demu  dan anggota DPRD yang hadir  serta pihak kepolisian dan perwakilan dari TNI untuk turun langsung ke lokasi menyaksikan dan sama-sama membuka jalan yang diblokir  tersebut.

    Dalam  pertemuan di kantor camat,  Mosalaki Ngalupolo, Yuri Tomo,  mengatakan.  kesepakatan yang diambil di kantor camat tersebut harus disampaikan juga ke masyarakat Ngalupolo.

     

    Dia menegaskan, kesepakatan ini harus disampaikan kepada masyarakat Ngalupolo karena yang memblokir jalan adalah masyarakat.

    "Kita boleh sepakat di sini untuk buka kembali,namun harus disampaikan kepada masyarakat agar mereka tahu hari ini jalan ini sudah resmi dibuka kembali. Mari kita sama-sama ke sana dan sampaikan kepada masyarakat bahwa jalur jalan ini dibuka untuk saudara-saudara dari Reka," pintanya.

     

    Usai  pertemuan semuanya sepakat ke Desa Ngalupolo. Saat Mosalaki Ngalupolo mengumumkan kepada masyarakat untuk membuka jalur tersebut terjadi penolakan dan  suasana sempat tegang.

     

    Ternyata, upaya mediasi yang dilakukan Mosalaki Ngalupolo, Yuri Tomo, Camat Ndona Yoris Demu dan anggota DPRD Ende Antonius Yohanes Bata serta pihak kepolisian, Koramil serta aparat desa  tidak membuahkan hasil hingga malam.

    Anggota DPRD  Ende, Antonius Yohanes Bata pada kesempatan itu mengatakan, masalah pemblokiran jalan ini mesti diselesaikan dengan cara kekeluargan. Dia juga meminta masyrakat kedua desa agar tidak terprovokasi dengan masalah ini dan harus menyelesaikannya dengan  kepala dingin.

    " Jalan ini merupakan kerinduan masyarakat, maka harus diselesaikan dengan kepala dingin serta jangan terprovokasi. Sekali lagi selesaikan dengan kepala dingin,” ucapnya.

    Sementara itu Camat Ndona Yoris Demu mengatakan, karena upaya penyelesaian ini menemui jalan buntu, pemerintah kecamatan memberikan kesempatan kepada kedua kepala desa dan mosalaki  untuk berembuk agar persoalan ini segera diselesaikan.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.