• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 17 Oktober 2018

     

     
    Home   »  Nasional
     
    Benarkah Perselisihan JK dan Rizal Ramli Telah Selesai?
    ANA DEA | Kamis, 20 Agustus 2015 | 08:11 WIB            #NASIONAL

    Benarkah
    Dr. Rizal Ramli

     
    JAKARTA - Belakangan perhatian publik tertuju pada sosok Menko Kemaritiman Rizal Ramli yang 'ribut' dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Rizal Ramli menilai sejumlah program pemerintah inefisiensi sedangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai Ramlilah yang tak paham kondisi.

    Adu pendapat di media, siang tadi untuk pertama kalinya Rizal Ramli bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sidang kabinet di Kantor Presiden. Di awal rapat, Presiden Jokowi langsung menekankan fungsi seorang Menteri Koordinator yang harus selaras dengan Wakil Presiden. Selain itu, seakan menyinggung perdebatan dengan JK, Jokowi menyebut tugas seorang Menko adalah mencari solusi.

    Menurut JK, dalam rapat itu tak ada mediasi dengan mantan Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu. Bahkan, lanjut JK, semua menteri memarahi Rizal Ramli yang dinilai tak beretika mengajak wakil presiden berdebat di depan umum.

    "Ah tidak ada mediasi, saya tadi sampaikan bahwa sebagai menteri tidak boleh begitu. Di sidang kabinet semua orang marah sama dia tadi," ujar JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, kemarin.

    JK menekankan pentingnya etika dan kesopanan seorang menteri dalam mengemban jabatannya. JK pun mengaku Jokowi mendukung langkahnya.

    "Ya otomatis Pak Jokowi setuju dong," ujar JK spontan.

    Menanggapi instruksi Jokowi, Rizal Ramli hanya menjawab singkat pada wartawan.

    "Solusi kan banyak," ucap Rizal Ramli pada wartawan usai rapat.

    Tindakan Ramli ini juga menuai kritik dari para politisi hingga rekan sesama menteri. Sebagian besar meminta ia lebih elok menyampaikan kritik dalam internal rapat tetapi ada juga yang minta Jokowi turun tangan mendamaikan.

    Rabu malam, Jokowi memanggil Ramli. Sempat beredar kabar jika pemanggilan itu adalah upaya Jokowi mendamaikan keduanya. Namun, tak ada JK dalam pertemuan itu. Selain Rizal Ramli, ada Kepala Bappenas Sofyan Djalil yang ikut dipanggil Jokowi ke Istana. Namun, pertemuan keduanya berbeda waktu sehingga Sofyan tak tahu persis perihal pemanggilan Jokowi pada Ramli.

    Usai pertemuan, Rizal Ramli kembali enggan membahas perselisihannya dengan JK. Ia bahkan menyebut ia tak ada masalah dengan JK.

    "Yah gitu aja ribet," ucap Ramli usai pertemuan.

    Meski enggan, Rizal mengaku ia dan JK sudah bersalaman di depan Jokowi saat sidang kabinet sebelumnya.

    "Saya kan salam presiden, habis sidang kabinet. Habis itu salam JK. Hei Pak JK apa kabar? Bagus. Jadi harus dilihat ini bagian dari transformasi. Pakai jurus rajawali ngepret," tandasnya.

    Jawaban Rizal Ramli itu agaknya masih mengambang meskipun mengisyaratkan bahwa 'keributannya' dengan JK telah purna. Lalu apakah itu berarti perselisihannya dengan JK sudah selesai?

     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.