• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 15 November 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Kecamatan Detusoko Lakukan Pemicuan STBM
    FERDINAND | Jumat, 28 Agustus 2015 | 12:23 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Kecamatan
    Camat Detusoko, Iginasius Kapo sedang menjelaskan STBM dan survei lokasi

     

    Ende, Flobamora.net - Guna meningkatkan kesadaran kesehatan, Pemerintah Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende  melakukan pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

     

    Camat Detusoko, Ignatius B Kapo, dalam kegiatan pemicuan STBM, Jumat (28/8) dihadapan warga Desa Detusoko Barat menegaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya STBM dan bisa mengubah perilaku warga masyrakat agar hidup bersih dan sehat berdasarkan lima  pilar STBM.

     

    Kelima pilar STBM itu adalah Stop Buang Air Besar sembarang, cuci tangan pakai sabun dari air yang mengalir, pengelolaan makanan minuman rumah tangga, pengolahan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

     

    Ignas mengatakan, pemerintah mendukung kegiatan STBM dengan melakukan pemicuan dan monitoring yang didanai dari Alokasi Dana Desa (ADD), “Kita tidak mendukung dalam bentuk sumbangan fisik. Semua kebutuhan fisik dilakukan secara swadaya oleh masyarakat,” katanya.

     

    Sementara itu, Gerardus Pangkur, Fasilitator STBM tingkat Kecamatan Detusoko menuturkan, 14 desa di kecamatan tersebut sudah mendeklarasikan Desa STBM. Ke-14 desa itu yakni  Golulada, Ranga, Wologai Tengah, Nuaone, Sipijena, Dile, Niowula, Roa, Rateroru, Turunalu, Saga, Wolomasi, Wolotolo dan Desa  Wolotolo Tengah.

     

    Kata dia, masih ada tujuh desa yang belum deklarasikan STBM yakni Kelurahan Detusoko, Desa Wologai, Detusoko Barat, Wolofeo, Ndito, Randoria dan Desa Wolomage.

     

    Geradus menambahkan, aktivitas yang diusung  dalam kegiatan STBM ini antara lain sosialisasi STBM ke desa-desa, pembentukan tim STBM tingkat Desa, pemicuan STBM, monitoring, pemicuan kedua  dan deklarasi.

     

    Danramil Detusuko,Lettu (inf) Yulius Subnafeu yang dimintai komentarnya terkait kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya bersama tim kecamatan membantu program ini sepenuhnya.

     

    “Lima  pilar tersebut benar dikenal di tingkat masyarakat. Kita ingin selalu memotivasi warga untuk hidup sehat. Ini adalah satu kebutuhan warga. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan semangat gotong royong di tengah masyarakat,” katanya.

     

    Sekretaris Desa Detusoko Barat Yohanes B Naga menjelaskan, kegiatan pemicuan STBM ini dilaksanakan untuk kedua kalinya, namun belum ada peningkatan.

     

    “Kita buat kesepakatan untuk bisa mengaplikasikan kelima pilar ini. Pasalnya, Tim STBM kecamatan selain melakukan sosilisai juga mensurvei dan memonitoring secara langsung perumahan warga yang tidak memilih kamar kecil (WC),” tambahnya. ***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.