• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 18 Juli 2018

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Dandim Ende Serahkan Bantuan Hand Traktor dan Pompa Air
    ALEX | Jumat, 04 September 2015 | 13:57 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Dandim
    Komandan Kodim (Dandim) 1602 Ende, Letkol inf. Bambang Heri Tugiyono didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Ende, Marianus Aleksander menyerahkan bantuan perlatan pertanian berupa hand traktor dan pompa air kepada kelompok tani di daerah itu, Kamis (3/9)

     

    Ende,Flobamora.net - Komandan Kodim (Dandim) 1602 Ende,  Letkol inf.  Bambang Heri  Tugiyono didampingi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Ende, Marianus Aleksander menyerahkan bantuan perlatan pertanian berupa  hand traktor dan pompa air kepada kelompok tani di daerah itu.

     

    Hand traktor dan pompa air tersebut merupakan bantuan dari APBN melalui Kementrian Pertanian RI. Acara penyerahan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Pertanian Ende, Kamis (3/9).


    Dandim 1602 Ende, letkol inf.  Bambang Heri  Tugiyono, saat menyerahkan bantuan tersebut mengatakan, sektor  pertanian merupakan salah satu tulang punggung kesejahteraan masyraakat Indonesia. Oleh karena itu, sektor ini mesti dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya  petani.


    Terkait penyerahan bantuan tersebut, menurutnya, telah ditetapkan  MoU antara Kementrian Pertanian dan TNI Angkatan Darat (AD) bahwa TNI mendukung sepenuhnya program swasembada pangan.

     

    Dia menuturkan, tugas TNI ke depan yakni mengawal dan mendampingi petani untuk meningkatkan produktivitas pertaniannya untuk kesejeteran masyrakat.

     

    Dandim juga mengharapkan, bantuan yang telah diserahkan tersebut dapat dijaga dan dimanfaatkan untuk mengolah lahan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil pertanian.

    "Tugas kami hanya mengawal, mendorong dan mendampingi sedangkan leading sektor dan pelaksana lapangan adalah petani itu sendiri. Sektor pertanian sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah, maka banyak hal yang harus dilakukan dengan memanfaatkan bantuan ini untuk  mengolah lahan pertanian kita. Barang ini diserahkan dalam keadan baik maka harus dijaga dan dimanfaatkan,” katanya.

    Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Ende, Marianus Aleksander mengatakan, penyerahan bantuan ini sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi pertanian dan swasembada pangan berkelanjutan.

     

    Dia menjelaskan,. bantuan yang diserahkan tersebut merupakan bantuan yang bersumber dari dana APBN melalui Kementerian Pertanian. Alat yang diserakan pada tahap pertama tersebut adalah 20 buah hand traktor dan tujuh buah pompa air. Sementara untuk tahap berikutnya yakni 10 buah hand traktor dan empat buah pompa air.

    Dia mengatakan, bantuan peralatan hand traktor tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian menuju swasembada pangan. Sebelum diserahkan dinas pertanian telah melakukan identifikasi wilayah dan lahan irigasi agar bantuan tersebut tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan.

     

    Dia  juga mengharapkan, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh kelompok penerima.

    "Bantuan ini merupakan upaya pemerintah sebagai bentuk gerakan untuk menunju swasembada pangan berkelanjutan. Oleh karenanya, peralatan ini dapat dijaga dengan baik agar dapat dimanfaatkan untuk berkelanjutan. Ke depanya TNI terus mendukung dan mendorong petani untuk menuiju swasembada pangan,” ujarnya.

    Sementara Ketua Gapoktan Nua Pu'u Lepembusu Kelisoke, Antonius Seda mengatakan bahwa  bantuan ini sangat bermanfaatkan bagi mereka untuk mengolah lahan pertanian. Bantuan ini ,lanjutnya, akan dijaga untuk kepentingan kelompok dan masyrakat untuk meningkatkan hasil pertanian.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.