• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 16 Juli 2018

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Lebu Raya Minta VECO Indonesia Memberdayakan Petani
    LEX | Jumat, 14 Februari 2014 | 16:20 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Lebu
    Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya

     
    Ende, Flobamora.net - Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya meminta Vredeseilanden Country Office (VECO) Indonesia Field Antena (FA) untuk memberdayakan petani dalam rangka meningkatkan pendapatan melalui penjualan komoditas perkebunan dan pertanian. Apalagi, VECO sudah berkiprah selama 20 tahun di bumi  Nusa Tenggara Timur.

    Permintaan tersebut di sampaikan Lebu Raya saat meresmikan Kantor VECO Indonesia, Kamis (13/2) kemnarin di jalan Gatot Soebroto, Ende.

    Lebu Raya lebih jauh mengatakan, posisi tawar harga komoditas perkebunan dan pertanian para petani di NTT masih sangat lemah, karena harga penjualan komoditas dan hasil pertanian sekarang ini masih ditentukan para Pengusaha.

    “Posisi tawar petani terkait dengan penjualan hasil komoditas perkebunan dan pertanian sangat lemah, karena harga jual komoditas ditentukan para pengusaha. Apalagi mutu dan kualitas komoditas pertanian dan perkebunan sengat rendah dan mesti harus terus ditingkatkan,” katanya.

    Untuk itu, tutur Lebu Raya, kerja sama yang sudah dibangun selama  kurun waktu 20 tahun terus dan tetap dilanjutkan. Untuk itu, kerja sama juga harus terus dijalin dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten yang memiliki sasaran program dari VECO Indonesia.

    "Saya berharap VECO Indonesia tidak meninggalkan kelompok-kelompok dan para petani kecil di Nusa Tenggara Timur yang masih membutuhkan pendampingan," tuturnya.

    Kepada para Bupati yang sempat hadir pada acara tersebut dia mengimbau, untuk terus menggalang kerja sama dengan VECO Indonesia,karena kerja sama tersebut diharapkan para petani yang ada bisa menjadi petani yang profesional dan pada akhirnya menjadi tuan atas komoditasnya sendiri.

    Sementara itu Bupati Ende Don Bosco M Wangge diwakili Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ende, Sebastianus Doa Sukadamai  mengungkapkan apresiasi atas  telah dibukanya kantor VECO Indonesia di kabupaten Ende.

    Dia menyebutkan, dengan kehadiran kantor VECO Indonesia di Ende para petani  semakin berkembang, baik dari segi kualitas komoditas maupun terkait dengan aspek penjualan.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.