• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 16 Agustus 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Beri Informasi tentang Kapal Tenggelam, Pemkab Ende Buka Posko
    ALEX | Senin, 16 November 2015 | 14:44 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Beri
    Posisi kapal penumpang KM Wihan terlihat miring sebelum akhirnya terguling. Foto: Ferry Fadelan via e100.

     

    Ende, Flobamora.net - Bupati Ende Marselinus Y.W Petu memerintahkan dinas perhubungan setempat untuk membuka Posko berkaitan dengan tenggelamnya kapal Roro Wihan Sejahtera di Teluk Lamong, Senin (16/11).

     

    Dia berharap, semua informasi bisa keluar dari Posko sehingga tidak membias khususnya terkait penyebab tenggelamnya kapal dan jumlah penumpang serta barang yang ada di dalamnya.


    "Cari tahu penyebab yang jelas dan berikan penjelasan yang sejelasnya. Jangan sampai ada penjelasan berbeda yang bisa membingungkan masyarakat terutama  para pengguna jasa kapal roro tersebut," kata Bupati Marsel saat rapat koordinasi dengan instansi terkait.


    Dia mengatakan, segala informasi harus melalui satu pintu yakni melalui Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ende dari Posko tersebut.Karena itu sekali lagi dia menegaskan untuk selalu berkoordinasi dengan otorita yang ada di Surabaya, yani Syahbandar, Pelindo maupun perusahan dan pemilik Kapal Roro Wihan Sejahtera.


    Dia juga memerintahkan Kepala  Dinas Perhubungan untuk memonitor harga barang di pasaran di Ende agar tidak menggunakan momentum tenggelamnya kapal roro ini untuk menaikkan barang dengan suka-suka.


    "Tolong pantau harga di pasaran jangan sampai moment tenggelamnya kapal roro membuat pengusaha menaikan barang sesukanya. Ini yang harus dijaga," tandasnya.

    Sementara itu salah satu perwakilan Agen KM Roro Wihan sejahtera di Ende  Siprianus Maralalu mengatakan hingga kini pihaknya belum mendapatkan informasi dan manifest dari kapal roro yang tenggelam itu. Dia mengatakan agen pusat belum memberikan informasi sehingga dirinya tidak bisa memberikan laporan jelas saat rapat koordinasi ini.


    Sementara itu KSP Ende Ayub dalam laporannya berdasarkan komunikasi dengan Mualim 1 Kapal Roro wihan Sejahtera mengatakan, kapal tersebut berlayar kira-kira dua jam dari Tanjung Perak dan di sekitar Teluk Lamong kapal menabrak karang.seluruh penumpang selamat dan kini diamankan di terminal pelabuhan Tanjung Perak.


    "Ini informasi sementara. Kita masih menunggu info yang lebih jelas," kata Ayub yang mengatakan kapal Wihan tengah berlayar menuju Labuan Bajo dan selanjutnya ke Ende.


    Kepala Dinas Perhubungan  kabupaten Ende Abraham Badu pada kesempatan ini mengatakan pihaknya akan melakukan langkah konkrit dengan melakukan koordinasi dengan otorita Surabaya berkaitan dengan informasi yang akurat berkaitan dengan tenggelamnya kapal roro tersebut.


    "Langkah paling awal kita lakukan komunikasi dan koordinasi untuk mengetahui kejadian atau penyebab seperti apa sehingga KM Wihan bisa tenggelam. Informasi tersebut kita bisa jelaskan kepada keluarga penumpang dan pengusaha yang menggunakan jasa roro tersebut," kata Abraham sambil mengatakan akan membuka Posko di Pelabuhan Ipi.


    Wakil Bupati Ende Djafar Achmad yang memimpin rapat tersebut pada akhirnya berpendapat untuk kedepan seperti apa dalam rencana mendatangkan kapal lain akan dibicarakan kemudian.


    "Kita bicara dulu tentang tenggelamnya, apa penyebabnya. Karena ada banyak versi ada yang bilang tabrak karang, bocor dan lain-lain. Untuk kedepan seperti apa pasti akan dilakukan khususnya dalam mendatangkan kapal lainnya,"kata Djafar. Dia hanya berharap dengan penjelasan yang ada tidak membuat masyarakat resah.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.