• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 25 Juni 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Pimpinan DPRD NTT belum, Terima Laporan PDI Perjuangan
    ALBERTUS | Rabu, 18 November 2015 | 13:11 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Pimpinan
    Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD NTT, Gusti Beribe

     

    Kupang, Flobamora.net - Pimpinan DPRD NTT belum menerima laporan tertulis Fraksi PDI Perjuangan terkait pernyataan anggota Fraksi PAN DPRD NTT, Yeni Veronika ketika tampil sebagai salah satu juru kampanye untuk salah satu pasangan calon bupati Manggarai pada kampanye rapat umum di Lapangan Motang Rua, Ruteng beberapa waktu lalu.


    Anwar menyampaikan itu kepada wartawan di Kupang, Rabu (18/11) sehubungan dengan pernyataan Fraksi PDI Perjuangan pada sidang paripurna dewan beberapa waktu lalu mempersoalkan pernyataan Yeni Veronika yang mengkritik program Desa Mandiri Anggur Merah (DeMAM).

     

    Menurutnya, menyikapinya pimpinan sidang meminta Fraksi PDI Perjuangan membuat laporan tertulis. Namun sampai saat ini, Fraksi PDI Perjuangan belum membuat laporan tertulis sehingga pimpinan dewan belum menugaskan Badan Kehormatan (BK) DPRD NTT untuk meneliti sejauhamana kebenaran pernyataan Yeni Veronika.

     

    “Jika laporan tertulis sudah kita terima, kita akan tugaskan BK untuk meneliti, mengkaji dan menganalisis sejauhmana kebenaran pernyataan Yeni Veronika sesuai aturan berlaku, apakah berkaitan dengan kode etik dewan atau kritik biasa dalam kapasitas sebagai wakil rakyat,” kata Anwar.

     

    Walau belum ada laporan tertulis, lanjut Anwar, pernyataan Yeni Veronika itu disampaikan dalam konteks politik yang panas terkait penyelenggaraan pilkada di Manggarai, sehingga serta merta tidak bisa dikatakan telah melanggar kode etik lembaga dewan.

     

    Karena itu, sambungnya, penelitian, kajian, dan analisis mesti dilakukan untuk mengetahui sejauhmana kebenarannya, apakah berupa kritik biasa atau melanggar kode etik.

     

    Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Kristofora Bantang menegaskan, pernyataan anggota Fraksi PAN, Yeni Veronika pada sebuah kesempatan kampanye terbuka di Lapangan Motang Rua merupakan sebuah pernyataan yang menyesatkan.

     

    “Karena itu yang bersangkutan harus bisa mempertanggungjawabkan peryataan yang telah disampaikan dihadapan masyarakat Manggarai pada kesempatan itu. Pasalnya, hingga saat ini DPRD NTT belum pernah memanggil pemerintah terkait tidak adanya pertanggungjawaban sejumlah nilai uang dalam Program DeMAM sebagaimana disebutkan pada kampanye itu,” ujarnya.

     

    Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Gusti Beribe berjanji akan segera membuat laporan tertulis kepada pimpinan dewan untuk diproses di BK DPRD NTT terkait materi pernyataan Yeni Veronika dalam kapasitas sebagai anggota DPRD NTT dan juru kampanye pasangan calon Bupati Manggarai, Deno Kamelus pada kampanye terbuka di lapangan Motang Rua, Ruteng pada 7 November lalu. Pernyataan anggota Fraksi PAN itu sangat merendahkan atau melecehkan martabat dewan. Pada intinya, dalam kesempatan itu Yeni menyampaikan, jumlah dana Desa Mandiri Anggur Merah (DeMAM) yang telah digulirkan selama ini sebesar Rp400 juta, Rp200 juta diantaranya tidak dipertanggungjawabkan.

     

    Menurutnya, pernyataan Yeni tersebut merupakan sebuah bentuk pembohongan terhadap publik. Karena dana program DeMAM yang telah digulirkan bukan baru angka seperti itu. Nilai yang disebutkan itu baru mencakup satu lebih desa. Karena setiap desa, dialokasikan anggaran sebesar Rp 250 juta.

     

    “Selain pembohongan publik, pernyataan itu juga menunjukkan Yeni tidak memahami dan mengikuti pelaksanaan program DeMAM yang diluncurkan sejak tahun 2011 lalu,” pungkasnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.