• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 20 September 2018

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Bupati dan Wakil Bupati Ende Pantau Harga Bahan Kebutuhan Pokok
    ALEX | Selasa, 15 Desember 2015 | 21:46 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Bupati
    Bupati dan Wakil Bupati Ende Pantau Harga Bahan Kebutuhan Pokok menjelang hari yara keagamaan

     

    Ende, Flobamora.net - Menjelang Hari Raya Natal  2015 dan Tahun Baru 2016, Bupati Ende Marselinus Y.W Petu bersama Wakli Bupati Djafar Achmad,Selasa (15/12)  melakukan pemantauan harag barang khususnya Sembako di tiga Pasar dalam kota.

     

    Ketiga Pasar itu adalah  Mbongawani,Potulando dan Wolowona.Turut dalam pemantauan unsur Disperindag,Bagian ekonomi, Balai POM Pos Ende, Bulog Ende, Polisi,TNI dan Satpol PP.


    Kepada wartawan di sela – sela pemantauan, Bupati Marsel mengatakan apa yang dilakukan saat itu bertujuan melihat dan memantau harga bahan kebutuhan pokok di pasar-pasar yang ada di Kota Ende menyongsong Hari Natal dan Tahun Baru 2016.


    "Kita pantau jangan sampai ada gejolak harga khususnya di tingkat pedagang eceran,"kata Marsel sambil menambahkan, jika ditemukan maka diupayakan agar kenaikan itu ditekan, baik oleh pedagang eceran maupun distributor sehingga harganya bisa stabil khususnya Sembako.


    Disamping itu kata dia, tujuan lain dari pemantauan tersebut untuk mengendalikan stock barang dimana melihat persediaan barang menjelang hari raya bagi kebutuhan masyarakat. Karena itu pemerintah turun memantau ketersediaan barang, khususnya sembako.Tidak ada alasan pedagang menaikan barang.


    "Dari sisi persediaan dan harga harus stabil .Bukan karena hari raya atau kekurangan stock barang.Harga barang harus stabil,"katanya.


    Dia juga menegaskan, pemantauan yang dilakukan juga untuk mengawasi barang-barang out of date atau kedaluwarsa.apakah barang tersebut layak untuk di konsumsi atau tidak.


    "Karena itu kita bawa tim lengkap termasuk dari Balai POM Pos Ende.Jika ditemukan akan disita untuk dimusnahkan,” ujarnya.


    Berkaitan dengan pemantauan di Pasar Mbongawani Bupati Marsel mengatakan harga barang jelang Hari Natal dan Tahun Baru relatif stabil, meski diakui ada beberapa barang yang mengalami kenaikan namun tidak signifikan.


    "Untuk sementara masih stabil namun berdasarkan pengakuan pedagang ada juga yang mengalami kenaikan namun tidak seberapa.Kita akan lakukan normalisasi harga sehingga stabil," tambahnya.


    Sementara itu Siti Maimunah salah seorang pedagang eceran mengakui beberapa barang dagangannya mengalami kenaikan. Dia menyebutkan, seperti bawang merah sebelumnya Rp 20 ribu per kilo gram (kg) naik menjadi Rp 25 ribu per kg. Sementara bawang putih masih stabil Rp.30 ribu per kg.


    "Semua tergantung  distributor. Kalau mereka kasi naik harga, kita juga pasti kasi naik harga," kata Siti.

     

    Sementara Achmad Sulaiman penjual ikan mengatakan harga ikan masih stabil karena persediaan di pasaran masih cukup. Menurutnya jika persediaannya banyak pasti harganya turun dan jika berkurang harganya naik.

     

    Sedangkan Dullah pedagang daging Sapi mengatakan, harga daging sapi masih stabil yakni Rp 100 ribu per kg.

     

    Bersama rekan-rekannya dia berjanji untuk tidak menaikan harga daging menjelang hari raya. Namun semua bergantung persediaan daging sapi.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.