• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 21 September 2018

     

     
    Home   »  Regional
     
    Masyarakat Ende Sudah Boleh Urus Dokumen Kependudukan
    ALEX | Kamis, 21 Januari 2016 | 18:42 WIB            #REGIONAL

    Masyarakat
    Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ende, Muhamad Thamrin

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Setelah terhenti beberapa waktu, sejka kemarin, Rabu (20/1) masyarakat Kabupaten Ende sudah bisa mengurus kembali KTP Elektronik, Kartu Keluarga dan dokumen kependudukan lainnya.

    “Terhentinya pelayanan E-KTP dikarenakan adanya  kerusakan pada peralatan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Ende, Muhamad Thamrin, Kamis (21/1).

    Ditemui di sela-sela pengresmian SMPN 1 Ende Selatan, dia mengatakan untuk pengurusan KTP elektronik sekarang bisa dilakukan dalam tempo tiga hari sampai satu minggu, semua bergantung pada jaringan yang ada. Sebelumnya pihaknya menggunakan Indosat, namun saat ini Kementerian Dalam Negeri beralih menggunakan jaringan Telkomsel.

    "Sekarang kita bisa melayani proses KTP elektronik dalam tempo tiga hari atau hingga satu minggu. Itu pun kalau jaringan baik. Proses pelayanan KTP setelah kerusakan, sejak 11 Januari 2016 sudah beroperasi lagi.

    Dia menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir masyarakat sangat antusias dalam mengurus KTP. Dia menyebutkan, tiap hari diperkirakan kurang lebih 100 orang yang datang mengurus KTP dan dokumen kependudukan lainnya.

    “Berdasarkan data sebutnya dari bulan Juni 2015 hingga Desember 2015 tercatat 4.452 orang, sementara tahun 2016 hingga 18 Januari 2016 tercatat  403 KTP sehingga total dari Juni 2015 hingga 18 Januari yang tercetak sebanyak 4.855,” ujarnya.

    Dia menambahkan, pihaknya kerja untuk pemutahiran data KTP dari jam 08.00 Wita hingga 14.00 wita setelah itu setelah itu kita lembur dari jam 20.00 wita hingga jam 24.00 Wita. Dia juga bersyukur karena pemerintah pusat sudah memberi kewenangan untuk mencetak KTP elektronik dan pada Januari ini sudah bisa foto langsung dan mencetaknya.

    Berkaitan dengan Kartu Keluarga, sambungnya, sudah bisa dilayani karena persediaan blanko yang sebelumnya kosong sudah tersedia dan kini  mencukupi juga untuk akta nikah. Sementara itu ia juga menegaskan kini sudah bisa mengurusi akta kematian dan sudah bisa dicetak.

    "Pengurusan akte kematian prosedurnya sama yakni menyertakan  surat keterangan dari RT atau kepala desa  dalam mengurus akta kematian dengan mengetahui camat," paparnya.
    Dia mengatakan, akte ini baru pertama diberlakukan,  juga mendapat tanggapan positif dengan dibuktikan beberapa warga yang mengurus akte kematian.

    Akte kematian sebutnya sangat penting. Menurutnya, untuk ASN sangat penting untuk kepengurusan tunjangan kematian sementara itu bagi masyarakat yang memiliki kredit bisa dihilangkan atau tunggakan tidak dibayar lagi.

    Sementara bagi  keluarga berkaitan dengan pembagian  harta warisan. Ini yang penting. Pada bulan  Desember 2016 hingga Januari 2016 sudah tercatat sebanyak  106 akte kelahiran yang telah terbit.

    Sementara itu, salah seorang warga Udayana Anton bin Putra mengatakan dirinya datang kembali untuk mengurus KTP setelah sebelumnya ada kerusakan perangkat pembuatan KTP.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.