• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 20 November 2018

     

     
    Home   »  Regional
     
    BPBD Ende Turunkan TRC ke Lokasi Bencana Kotabaru
    ALEX | Senin, 01 Februari 2016 | 11:53 WIB            #REGIONAL

    BPBD
    Sungai Lowolande yang meluap

     
    ENDE, FLOBAMORA.NET - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ende Albert Yani mengatakan pihaknya telah menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) pukul 08.00 wita Minggu (31/1) pagi ke lokasi bencana di Kecamatan Kotabaru. Menurut yani, dia sendiri yang memimpin tim  tersebut untuk menyisir wilayah yang mengalami kerusakan sekaligus mendata kerugian yang dialami warga di  lima desa.

    “Data diambil guna mengambil tindakan darurat dan untuk melaporkan kepada bupati sebagai kepala daerah untuk melakukan langkah tepat seperti apa dalam penangananya,” kata Yani.

    Sementara itu Direktur FIRD Vinsensius Sangu dari lokasi kejadian melaporkan, data sementara yang dihimpun pihaknya baru dari beberapa desa. Data ini akan terus berkembang karena pihaknya belum mendata semua kerusakan di Kecamatan Kotabaru.

    Dia menyebutkan berdasarkan  data yang dihimpun, di Desa Nuanaga tercatat 15 rumah warga rusak, 9 rusak berat termasuk 3 rumah dibawa banjir, 2 ha sawah terendam banjir. Desa Loboniki, Dusun Kolibewa Pondok Bina Iman Susteran Ndondo dan SMP rusak. Sementara Dusun Paupanda sekitar 30 rumah terendam, 8 ekor babi dan 4 ekor kambing mati hanyut.

    Untuk desa lainnya,.Desa Ranggalaka, Dusun Botifate 20 rumah terendam, Desa Ndondo, Dusun Tanaria 8 rumah rusak berat, 6 rusak ringan, 4 tugu air minum rusak berat, 6 ekor kambing mati, sementara jalan antar dusun putus.

    Vinsen berharap, pemerintah segara turun ke lokasi dengan alat berat guna membersihkan material tanah, dan juga memperbaiki. Rumah penduduk. Bantuan berupa suplai air minum juga dibutuhkan dan sumbangan pakaaian bagi para korban.

    Sementara itu anggota DPRD Ende Yustinus Sani  berharap agar pemerintah daerah segera turun tangan untuk membantu masyarakat Kotabaru. Ditemui,Minggu (31/1) ia mengatakan dinas atau badan terkait segera turun ke lokasi untuk memberikan bantuan tanggap darurat kepada warga Kotabaru.

    "Secepatnya turun ke lokasi Dinas Sosial dan Badan Penanggulaangan Bencana Daerah untuk memberikan bantuan tanggap darurat," kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

    Ia berharap agar ke depan pemerintah bisa memperhatikan kondisi Kali Lowo Lande karena menurutnya sangat rawan jika terjadi hujan. Untuk itu pihak Pemerintah segera lakukan bronjongnisasi kali tersebut.

    "Ke depan perlu dibuat normalisasi Kali Lowolande dengan melakukan bronjongnisasi. Jika tidak maka banjir akan terjadi dan terulang lagi bila hujan dengan insensitas cukup tinggi," kata Sani.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.