• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 18 Oktober 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Hari Pertama Pelaksanaan UN di Ende Berlangsung Aman
    ALEX | Senin, 04 April 2016 | 20:06 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Hari
    Siswa SMA Negeri 1 Ende sedang mengikuti Ujian Nasional tahun 2016

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET- Wakil Bupati Ende Djafar Achmad mengatakan, hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis komputer (UNBK) di tiga sekolah di kota Ende berjalan aman dan tidak ada kendala berarti.


    Wakil Bupati Ende menyatakan hal ini usai memantau pelaksanaan UNBK di SMAK Syuradikara, Senin (4/4). Dia menjelaskan, untuk hari pertama kondisi berjalan normal dan aman. Para siswa mengerjakan soal dengan baik melalui komputer.


    "Saya pantau melalui layar monitor di ruangan server. Kita bisa lihat siapa yang sudah selesai meski waktunya belum habis," kata Djafar Achmad.

     

    Dia menuturkan, dirinya bukan sekedar memantau tetapi menanyakan kepada pengawas terkait adanya siswa yang selesai sebelum waktu.


    "Saya tanyakan kok cepat mereka kerjakan soal di komputer, jawaban pengawas mereka itu adalah siswa yang berprestasi dan selalu mendapat ranking," kata Djafar Achmad. Dia menanyakan ini untuk mengetahui tingkat kejujuran dari semua penyelenggara.


    Wabup Djafar yang ditemui di SMAN I Ende menegaskan agar para penyelenggara dan peserta UN di Kabupaten Ende untuk selalu mengedepankan kejujuran dalam pelaksanaan UN. Karena itu kepada para pengawas untuk tidak membantu siswa dalam mengerjakan soal UN.


    "Saya ingatkan kepada mereka untuk bertindak jujur. Tentu kita inginkan hasil yang terbaik namun dengan cara kedepankan kejujuran," paparnya.


    Sementara itu Kepala SMAN I Ende Yohanes M. Minggu mengatakan siswa di sekolahnya yang mengikuti UN sebanyak 357. Namun tahun ini belum menggunakan Ujian Berbasis Komputer mengingat perangkat komputer terbatas di sekolahnya.Tahun 2017 mendatang SMAN I akan mengikuti UNBK.


    "Kita rencanakan tahun depan laksanakan UNBK nengingat tahun ini kita kekurangan perangkat komputer. Kita akan siasati nantinya dengan menggunakan laptop para siswa yang nantinya akan kita lakukan instal program untuk UNBK," kata Yohanes.


    Dia menjelaskan, tahun ini seperti biasa SMAN I mengikuti UN dalam tiga program studi dan diharapkan bisa mengulangi lagi prestasi tahun pelajaran sebelumnya yakni 100 persen.


    Secara terpisah Sekretaris Dinas PPO Ende, Maria Margareta Pe mengatakan untuk tahun ajaran 2015-2016 di Kabupaten Ende diikuti oleh 3.135 siswa SMA dari 28 SMA yang ada di seluruh Kabupaten Ende.


    Dari 28 sekolah itu hanya tiga sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yakni SMAK Syuradikara,  SMAK Frateran Ndao, dan SMKN 2 Ende. Sedangkan sisanya menyelenggarakan ujian dengan lembaran jawaban komputer (LJK).


    Dia juga berharap hasil yang dicapai bisa mengulangi hasil yang sudah dicapai tahun sebelumnya dan bila perlu persentasenya bisa meningkat lagi. Harapan ini disampaikan mengingat semua sekolah sudah mempersiapkan siswanya secara baik melalui bimbingan belajar, try out, latihan dan simulasi soal ujian.


    "Mudah-mudahan hasilnya positif dan hasil itu merupakan hasil dari sebuah kejujuran, bukan belas kasihan dan pertolongan orang lain, khususnya saat mengikuti ujian baik di LJK maupun menggunakan UNBK," kata Maria Pe.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        1 komentar



      NN 11 Juli 2016 - 08:19 WIB
      Hey! I’m in th2&ns#8e30;aed chubby! But, hot damn my wife looks good. Love you Brooke and how you made me look almost as good as Sam.
      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.