• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 19 Agustus 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    KRI Untung Surapati Kawal Prosesi Kebangsaan
    ALEX | Senin, 30 Mei 2016 | 20:41 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    KRI
    KRI Untung Surapati

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Pelaksanaan Prosesi Kebangsaan menjelang peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2016 di Kabupaten, Nusa Tenggara Timur (NTT) tampaknya akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

     

    Tahun ini, prosesi yang dimulai dari Pulau Ende, pada Selasa (31/5) akan dikawal sebuah kapal perang yakni KRI Untung Surapati yang sudah berada di Pelabuhan Soekarno, Senin (30/5).

     

    Bupati Ende Marselinus Y.W Petu kepada awak media mengatakan,  Prosesi Kebangsaan ini untuk mengenang kembali diasingkannya Ir. Soekarno ke Ende (1934-1938). Prosesi kebangsaan yang sudah memasuki tahun ketiga ini berawal dari prosesi laut dengan  titik startnya dari Pulau Ende.


    "Kali ini ada sebuah kapal Perang, yakni KRI Untung Surapati akan mengawal ratusan perahu motor yang mengikuti prosesi laut tersebut. Prosesi laut itu hanya mau menggambarkan bagaimana awalnya ketika Bung Karno dalam perjalanan dari Pulau Jawa yang akhirnya diasingkan ke Ende," jelasnya.

     

    Dia menuturkan, di Pulau Ende, pada malam sebelum proses laut akan dilakukan dzikir bersama warga Pulau Ende. Kemudian pagi harinya bergerak untuk mengikuti Parade Kebangsaan menuju Pelabuhan Soekarno.


    "Di Pulau Ende sebelumnya akan dilakukan dzikir atau deba pada malam hari oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama serta masyarakat Pulau Ende. Kegiatan ini diikuti juga Wakil Bupati Djafar Achmad dan Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno,” paparnya.


    Dia mengatakan, ratusan perahu motor akan berarak dari Pulau Ende dikawal KRI Untung Suropati. Di Pelabuhan Soekarno akan diterima Bupati Ende dan jajaran Forkopimda.

    Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ende Bernabas L. Wangge terpisah mengatakan, prosesi laut yang merupakan bagian dari Parade Kebangsaan akan diikuti oleh 120 perahu motor, dua speed boat Angkatan Laut dan satu speed boat Polisi Air.

     

    Dia menyebutkan, bersama KRI Untung Surapati juga dibawa Plakat Burung Garuda yang nantinya akan dibawa oleh salah seorang siswa yang berperan sebagai Bung Karno didampingi siswi lainnya yang mewakili Ibu Inggit.


    "Kedua siswa tersebut sudah diseleksi dalam lomba wajah mirip Bung Karno dan ibu Inggit. Karena itu dalam parade kebangsaan yang berawal dari prosesi laut mereka mewakil Bung Karno dan Ibu Inggit," kata Wangge.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.