• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 15 Desember 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Ende sudah Beri Spirit Kebangsaan Bagi Indonesia
    ALEX | Selasa, 31 Mei 2016 | 14:13 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Ende
    Bupati Ende Marseinus Y.W Petu menerima Plakat Garuda ng diserahkan Wakil Bupati Djafar Achmad di Pelabuhan Bung Karno

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Bupati Ende Marselinus YW Petu mengatakan, Ende sudah memberikan spirit kebangsaan bagi Republik Indonesia. Spirit itu tampak dalam keberadaan Bapak Bangsa Soekarno ketika diasingkan ke Ende dan menemukan butir-butir Pancasila.

    Demikian Bupati Marselinus di sela kegiatan Parade Kebangsaan,Selasa (31/5) dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Dia mengatakan event bertemakan kebangsaan ini sudah berakar kuat dalam sejarah panjang RI khususnya sejarah keberadaan Soekarno  ketika berada di Ende.


    "Keberadaan di Ende adalah sebuah fakta sejarah yang tak terbantahkan dan sangat berarti bagi Indonesia. Ende dengan dinamika kehidupan sosial budaya telah memberikan spirit yang istimewa bagi Bapa Bangsa dan bagi Indonesia," tuturnya


    Tema besar Parade Kebangsaan Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia mau mengenangkan kembali Putra Sang Fajar di Kota Ende melalui ide kebangsaannya.


    "Saya mengharapkan nilai kebangsaan, perbedaan dalam kebersamaan, nasionalisme menjadi bagian keseharian masyarakat Kabupaten Ende pada khususnya dan Indonesia pada umumnya," kata dia sambil mengajak untuk terus mengenangkan Bung Karno melalui Parade Kebangsaan ini.


    Seperti yang disaksikan, Parade Kebangsaan mengambil titik start dari Pulau Ende. Sekitar 120 perahu motor,dan tiga speed boat dengan dikawal KRI Untung Surapati menuju Pelbuhan Bung Karno (pelabuhan Ende).

     

    Diatas KRI Untung Surapati juga turut Ketua DPRD Provinsi NTT Anwar Pua Geno dan Wakil Bupati Ende Djafar Achmad.


    Saat di pelabuhan Bung Karno, rombongan diterima oleh Bupati beserta Pimpinan DPRD Ende serta Forkompinda. Tampak juga Kadis Pariwisata propinsi NTT, Marius Ardu Jelamu.

    Rombongan disambut dengan Tarian Orowoko dari Sanggar Wonga Pora Ende dan didampingi oleh tiga etnis masing-masing etnis Jawa, Bali dan Sabu. Di sini dilakukan penyerahan Plakat Burung Garuda dan Bendera Merah Putih serta Lambang Daerah.

    Narasi tentang Soekarno ketika pertama kali tiba di Pelabuhan Bung Karno juga  dibacakan dan selanjutnya sapaan Bupati Ende dan dilanjutkan menyanyikan lagu Ende "Deku Dengu".


    Dari Pelabuhan peserta  menuju POM Ende tempat tahanan politik di zaman itu. Disini  rombongan diterima dengan tarian dari kelompok etnis Batak di dampingi etnis Sumba dan Rote Ndao dan juga dilakukan penerimaan secara militer.


    Narasi tentang Bung Karno yang melaporkan diri di POM juga dibacakan dan selanjutnya menuju situs Bung Karno. Di Situs Bung Karno disambut dengan tarian etnis Sikka dan didampingi etnis Alor dan Kupang. Di sini juga dibacakan narasi tentang keberadaan Soekarno bersama keluarga selama pengasingan.


    Setelah sholat dzuhur di Masjid Babul Fath dengan mengambil wudhu di rumah pengasingan peserta menuju Gedung Imakulata dan diterima oleh etnis Tionghoa, Belu dan etnis Ngada dan menyaksikan tonil di Gedung Imakulata.

    Dari gedung Imakulata menuju makam Ibu Amsi dan dan di tempat ini diterima oleh etnis Nagekeo dan diapit oleh etnis Manggarai dan Arab. Setelah melakukan tahlilan di makam ibu Amsi peserta parade menuju pohon Sukun dimana diletakannya plakat Lambang Garuda, Bendera Merah Putih dan Lambang Daerah. Di tempat ini peserta dijemput oleh etnis Sabu dengan tariannya.


    Seperti yng disaksikan, ribuan warga kota tumpah ruah di pinggir jalan yang dilewati  menyaksikan jalannya Parade Kebangsaan. Dalam parade ini juga melibatkan seluruh SKPD yang ada, perwakilan 21 kecamatan, perwakilan SD dan SMP serta dimeriahkan dengan Marching Band dari beberapa sekolah di Kota Ende.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.