• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 21 September 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    NTT Harus Waspadai Masuknya Paham Radikalisme
    ALBERT VINCENT REHI | Jumat, 15 Juli 2016 | 14:39 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    NTT
    Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno

     

    KUPANG, FLOBAMORA.NET -  Semua elemen masyarakat NTT diminta untuk selalu mewaspadai masuknya paham- paham radikalisme terorisme di provinsi kepulauan ini. Komunikasi intens yang dibangun pemerintah bersama tokoh agama hendaknya terus dipertahankan.

     

    Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno sampaikan ini pada acara dialog lintas agama dalam pencegahan paham radikal-terorisme di NTT, Kupang, Kamis (14/7).

     

    Anwar menyatakan, pada prinsipnya DPRD NTT sangat respon terhadap langkah Pemerintah NTT yang terus menerus melakukan sosialisasi mengenai bahaya terorisme dan radikal. “Dewan tentu mendukung langkah pemerintah melalui anggaran yang disesuaikan dengan kemampuan daerah,” tandasnya.

     

    Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Nazarudin Umar menyatakan apresiasi positif terhadap jalinan toleransi yang sangat baik di NTT. Hal ini diketahuinya ketika mengikuti pemberitaan. Dimana, setiap ada hari raya maka melibatkan elemen lintas agama.

     

    “Hidup rukun dan damai dalam semangat toleransi ini, patut dipertahankan. Dengan toleransi yang baik, tidak akan mungkin oknum- oknum tertentu menyebarkan paham barunya di daerah ini,” tandas Nazarudin.

     

    Kepala Seksi Intel Korem 161/Wirasakti Kupang, Letkol (Inf) Yudi Pranoto menyampaikan, bahaya radikal-terorisme setiap saat tetap menjadi ancaman serius, sehingga seluruh warga NTT wajib mewaspadainya. Setiap warga masyarakat wajib mendeteksi, dan memonitor di tetangga masing-masing, bilamana ada orang muka baru, segera menyampaikan kepada aparat terdekat. Setiap komponen juga wajib memberikan sosialisasi kepada generasi muda karena rentan dipengaruhi paham radikal terorisme.

     

    Yudi mengatakan, TNI selalu menggunakan dua cara dalam operasi, yakni operasi militer yang lebih pada perang dan operasi non militer pada upaya pencegahan bahaya radikal- terorisme. TNI sangat intens melakukan sosialisasi kepada generasi muda mengenai kewaspadaan terhadap adanya pengaruh paham- paham baru yang dilarang penyebarannya di Indonesia.

     

    Karena itu, sambungnya, langkah yang dilakukan TNI adalah deteksi dini dengan memetakan wilayah yang rawan dengan melibatkan staf intelijen melakukan pemantauan. TNI juga memonitor kelompok generasi muda yang masih labil karena gampang dipengaruhi oleh oknum- oknum yang tidak bertanggungjawab.

     

    Dia mengharapkan, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta semua elemen harus sama- sama membangun komunikasi agar mencegah masuknya paham- paham baru di NTT.

     

    “Walau saat ini NTT masih aman tapi wajib kita antisipasi sedini mungkin. Salah satunya adalah mewaspadai tetangga kita masing- masing. Kalau ada orang asing atau muka baru perlu dicurigai. Sampaikan kepada aparat terdekat sehingga bisa diambil langkah pengamanan,” tandas Yudi.

     

    Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) NTT yang juga Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Linmas, Sisilia Sona mengajak semua komponen untuk membangun kerja sama dan koordinasi dalam menyatukan tekad, pikiran dan semangat untuk mewujudkan NTT menjadi daerah yang aman, kondusif bagi terselenggaranya pemerintahan yang baik.

     

    “Seluruh warga ikut mewaspadai penyebaran paham radikal di NTT dengan tetap membangun komunikasi secara damai diantara semua komponen,” tambahnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.