• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 25 Mei 2018

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Ende Punya Lima Kawasan Pertanian Berbasis Komoditas
    ALBERT VINCENT REHI | Senin, 18 Juli 2016 | 14:11 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Ende
    Bupati Ende, Marselinus Y.W Petu

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Pemerintah Kabupaten Ende dalam program pembangunan di bidang pertanian akan mengembangkan kawasan pertanian berbasis komoditas strategis melalui perencanaan wilayah secara komprehensif dan terpadu. Upaya ini demi mendorong peningkatan produksi, produktifitas dan mutu produk pertanian.

     

    Tekad tersebut disampaikan Bupati Ende, Marselinus Y. W. Petu pada acara pembukaan Pertemuan Semestral Petani dengan Yayasan Tana Nua Flores di Desa Pise Kecamatan Kota Baru, Selasa 28 Juni 2016 lalu ,

     

    Menurutnya, komoditas strategis dan unggulan daerah, akan dikembangkan pada kawasan – kawasan andalan secara terintegrasi dari hulu ke hilir dan terpadu secara lintas sektor sehingga menjadi satu kesatuan akan dikelola menggunakan prinsip pertanian lestari dengan memanfaatkan agroinput yang ada di lokasi pengembangan dan mengelolah limbahnya untuk manfaat yang lebih besar. 

     

    Gambaran strategi pengembangan komoditas berbasis kawasan meliputi,komoditas tanaman pangan dan hortikultura yang diarahkan pada pengembangan komoditas tanaman padi,jagung dan ubi kayu sebagai sumber pangan utama.  

     

    “Komoditas unggulan seperti Ubikayu Nuabosi, Pisang Beranga Kelimutu, Jahe, Kentang, Bawang Merah, Bawang Putih, cabe dan sayur- sayuran, akan terus ditingkatkan baik luas tanam maupun produktifitasnya,” ujarnya.

     

    Sedangkan komoditas peternakan,pengembangannya dilakukan dalam beberapa aspek yaitu  populasi dan produktifitas, produksi, kesehatan hewan, keamanan produk hewan dan peningkatan peran dan fungsi kelembagaan. 

     

    Untuk mendukung komoditas unggulan terdapat lima kawasan pengembangan komoditas yang direncanakan yaitu, Pertama, kawasan pengembangan komoditas tanaman pangan yaitu padi di wilayah kecamatan Detusoko, Wewaria, Maurole dan Kotabaru,

     

    Kedua, kawasan pengembangan hortikultura di Kecamatan Detusoko, Kelimutu, Lepembusu Kelisoke dan Wolojita, Ketiga,kawasan pengembangan komoditas ternak sapi di Detukeli, Lepembusu Kelisoke, Wewaria, Maurole, Maukaro dan Kotabaru,

     

    Keempat, kawasan pengembangan komoditas unggulan daerah yang telah menjadi komoditas unggulan nasional yaitu Pisang Beranga Kelimutu di Kecamatan Nangapanda, Ende, Detusoko, Ndona dan Ndona Timur  dan Kelima, kawasan pengembangan komoditas unggulan daerah Ubi Nuabosi di Kecamatan Ende. 

     

    Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, tambahnya, ada beberapa kebijakan yang akan dilaksanakan antara lain, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kinerja aparatur melalui pengalokasian anggaran untuk diklat aparatur, penegakan disiplin aparatur, penerapan reward and punishment dan meningkatkan kualitas SDM petani dan menguatkan kapasitas kelembagaannya.

     

    Langkah tersebut antara lain pengalokasian anggaran untuk diklat teknis usaha tani seperti Sekolah Lapang, Demplot, DemFarm, magang, Fasilitasi Sarana dan Prasarana kepada lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian, pengalokasian kegiatan dan anggaran diklat manajemen kelompok tani, Fasilitasi permodalan bagi Kelompok Tani / Gapoktan, Penyediaan Informasi pasar dan fasilitasi pemasaran melalui promosi, temu usaha dan pameran.***


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.