• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 17 November 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Bupati Ende Buka Manasik Haji
    ALEX | Senin, 18 Juli 2016 | 15:17 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Bupati
    Bupati Ende, Marselinus Y.W Petu saat membuka manasik haji

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET- Sebanyak 43 calon jamaah haji  asal Kabupaten Ende mengikuti Manasik Haji.Bertempat di Aula Islamic Centre Masjid Agung Nurul Hidayah Ende.

     

    Manasik  Haji tersebut dibuka secara Bupati Ende Marselinus Y.W Petu,Senin (18/7) .Pelaksanaan Manasik haji ini berlangsung selama lima hari dari tanggal 18  - 22 Juli 2016.


    Bupati Marsel dalam sambutan mengatakan, penyelenggaraan manasik haji  ini merupakan kesempatan untuk mempersiapkan diri dengan matang  dan teratur baik itu dalam bentuk material maupun ilmu pengetahuan yang diperlukan.


    "Ini penting agar pelaksanaan ibadah haji nantinya akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan yakni haji yang mabrur dan maqbul yang di ridhoi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,"ujarnya sambil menambahkan haji yang mabrur menjadi dambaan dan harapan semua dimana akan memperoleh balasan dari Tuhan.


    Lebih jauh Bupati Marsel menegaskan, bimbingan manasik Haji merupakan kegiatan yang mesti diselenggarakan oleh Pemerintah.Dengan kegiatan ini calon haji akan dibekali pengetaahuan dan tata tertib dalam pelaksanaan baik perjalanan di dalam negeri maupun di luar negri serta acara ritual mengerjakan ibadah haji terutama rukun haji yang wajib dan Sunah.


    Berdasarkan laporan kata dia, jumlah daftar tunggu Calon Jemaah Haji Kabupten Ende hingga Juni 2016 sebanyak 664 orang setelah dipotong 43 orang yang berangkat tahun ini.Dibandinglkan dengan tahun 2015 jumlah daftar tunggu sebanyak 630 orang.


    Peningkatan jumlah daftar tunggu mengindikasikan umat Muslim  punya kemapuan ekonomi namu lebih dari itu karena  adanya  keingianan Tuhan maka  semuanya bisa.


     "Dari niat yang tulus ikhlas, dan Tuhan merestuinya .Dan ini kesadaran iman dari masyarakat dan niat  untuk hidup dalam iman yang lebih baik. Semakin banyak orang menunaikan  ibadah haji,maka  semakin baik, karena  pembangunan bisa  berjalan  baik  kalau iman umat dikuatkan,"katanya.


    Kepada para pemberi materi dia berharap agar memberikan pembinaan secara  maksimal,baik menyangkut  pengetahuan maupun dalam bentuk lainnya sehingga calon jemaah haji akan sukses dalam melaksanakan ibadah haji.



    Mengakhiri sambutannya dia berjanji pemerintah akan melepas keberangkatan para calon jemaah haji dan juga akan menjemput kepulangan jemaah.

    "Karena itu saya bersama Pak Wakil Bupati akan berbagi peran siapa yang akan melepas dan siapa yang akan menjemput," ujar Bupati Marsel sambil mengatakan akan menyumbangkan kepada setiap jemaah sebesar Rp 1,5 juta tiap orangnya sambil berpesan untuk tidak melihat besar lkecilnya sumbangan tersebut.

    Sementara itu Ketua Panitia Mansik Haji Kabupaten Ende Junaidi dalam laporannya mengatakan, tujuan manasik ini demi meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang teori manasik dan hukum-hukumnya ,meningkatkan kemampuan dan kesiapan fisik calon jamaah ahji dalam mengapliksikan manasik haji dalam praktek.

    "Juga untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah haji. Dan memupuk ukuwah islamiyah dan persaudaraan sesama jemaah," ujar Junaidi yang juga Kasubag Bina Mental pada Bagian Kesra Setda Ende.

    Dia mengatakan dari 43 calon jemaah haji dirincikan sebanyak 22 Calon pria dan 21 calon haji Wanita. Ke43 Calon Jemaah tersebut berasal dari Kecamatan Ende Selatan sebanyak 12 orang, Pulau Ende 11, Ende Timur 10, Ende Utara enam, Kecamatan Ende Tengah dua dan Kecamatan Nangapanda dua orang. ***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.