• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 21 September 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Puluhan Rumah di Ende Diterjang Gelombong Pasang
    ALEX | Rabu, 03 Agustus 2016 | 18:58 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Puluhan
    Kondisi pemukiman yang diterjang gelombang pasang

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Sebanyak 47 rumah di Kelurahan Paupanda, Kecamatan Ende  Selatan diterjang gelombang pasang (rob).Selain itu 240 warga  mengungsi ke pemukiman di daratan lebih tinggi.

     

    Pantauan Flobamora.net di lokasi, Rabu (3/8) sejumlah warga berkemas memindahkan perabot rumah tangga karena genangan air sudah mencapai satu meter. Dibantu anggota TNI dari Kodim 1602 dan Polres Ende bergotong royong memindahkan perabot rumah tangga.


    Hamzah, salah seorang warga mengatakan, gelombang pasang awalnya sejak, Selasa (2/8) pada siang hari. Kondisi ini semakin parah pada Rabu (3/8).

     

    "Kemarin siang belum seberapa. Namun kami sudah jaga-jaga. Malamnya kami mete bergantian karena takut akan datang gelombang pasang yang besar," kata Hamsah.

     

    Ia menjelaskan, sekitar pukul 09.30 Wita terjadi gelombang yang dasyat.Warga akhirnya bergegas memindahkan barang-barangnya ke dataran yang lebih tinggi.


    Akibat terjangan gelombang pasang dua rumah warga dan satu dapur rusak parah.Selain  itu turut terendam satu buah sekolah yakni TK Fatimah Azzahrah yang terletak di jalan Ikan Paus, Kelurahan  Tanjung.


    Sementara itu koordinator Tim Siaga Bencana kelurahan Tanjung  Arsad Ismail mengatakan, gelombang pasang baru mulai lagi setelah terhenti dua tahun.


    "Terakhir di tahun 2013 saat itu juga terjadi gelombang pasang. Dua tahun kemudian yakni tahun ini kembali terjadi," kata Arsad.


    Ia juga membenarkan sehari sebelumnya gelombang pasang masih kecil namun warga terus berjaga hingga malam. Baru pagi hari, Rabu (3/8) gelombang pasang sangat besar hingga melampaui lutut orang dewasa.

     

    Ia menyebutkan, warga yang terkena bencana adalah RT 01, RT 03 dan RT 5 lingkungan Pu'unaka, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Ende Selatan.


    Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ende Albert Yani ditemui di lokasi mengatakan, setelah mendapatkan informasi, pihaknya langsung bergerak menuju lokasi.


    "Kami langsung bergerak dan melakukan koordinasi. Juga bersama TNI dan Polri serta Dinas Sosial," kata Albert.

     

    Pertolongan pertama yang dilakukan dengan mendirikan tenda bagi warga yang mengungsi dan membuka dapur umum.


    Beberapa tenda milik Kodim 1602 dan BPBD Ende sudah dibangun. Sementara itu warga juga diberi bantuan tanggap darurat berupa beras, kopi, gula, minyak goreng  dan makanan siap saji lainnya.


    Untuk diketahui, di tempat yang sama dua tahun yang lalu juga terjadi gelombang pasang. Di tempat ini sudah dilakukan intervensi pemerintah daerah dan LSM FIRD untuk melakukan pelatihan kesiapsiagaan bencana dan penanaman bakau.


    Beberapa warga berharap dapat direlokasi. Mereka telah punya niat untuk itu, namun karena ketiadaan lahan maka mereka akhirnya terus bertahan.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.