• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 25 Oktober 2021

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Pemana akan Kibarkan Merah Putih di Dasar Laut
    VICKY DA GOMEZ | Minggu, 14 Agustus 2016 | 21:36 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Pemana
    Baliho informasi tentang pengibaran bendera merah putih di dasar laut di Pemana

     

     

    MAUMERE, FLOBAMORA.NET - Apresiasi patut diberikan kepada Aloysius Parera Pejabat Sementara Kepala Desa Pemana di Kecamatan Alok. Untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71, ia merancang pengibaran bendera merah putih di dasar laut di wilayah itu.
           

    Agar seluruh konsep bisa terealisir,ia lalu mengajak keterlibatan warga di situ. Berbagai dukungan pun mengalir dengan konsep unik ini, seperti datang dari Pemerintah Kecamatan Alok, Hotel Capa Maumere, PolAir, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sikka, dan Basarnas Maumere.
           

    Kini semua perangkat pendukung tengah disiapkan. Para petugas pengibar bendera di dasar laut pun terus melakukan latihan untuk mempersiapkan diri. Mereka yang diberi tugas rata-rata adalah para penyelam dan dive yang sudah cukup berpengalaman.
           

    Andi, General Manager Hotel Capa Maumere, mengaku antusias dengan konsep menarik pengibaran bendera merah putih di dasar laut. Karenanya Hotel Capa Maumere milik Melcias Markus Mekeng itu pun serius memberikan dukungan. Beberapa kali pertemuan persiapan pun dilaksanakan di hotel yang megah ini.
           

    “Persiapan sudah hampir 90 persen. Seluruh proses pengibaran bendera nantinya terjadi di sasar laut. Untuk teknisnya, kawan-kawan petugas sudah pelajari dan terus-menerus latihan. Sementara yang kami pikirkan agar bagaimana lagu Indonesia Raya bisa keluar dari dasar laut. Memang di sini sangat terbatas perangkat, seperti speaker yang tahan air, tapi nanti kami akan coba dalam beberapa hari ke depan ini,” jelas Andi kepada sejumlah wartawan  di Hotel Capa Maumere, Kamis (11/8).
             

    Konsep mengibarkan merah putih di dasar laut ini, kental dengan mempromosikan pariwisata Pemana ke dunia luar. Pemana adalah salah satu desa yang kaya akan wisata bahari. Aura pesona wisata bahari di sana cukup menjanjikan untuk prospek pariwisata ke depan.

    Sebagai wilayah dalam sebuah gugusan Teluk Maumere, Pemana dulunya sangat terkenal dengan potensi rumput laut. Namun potensi ini pelan-pelan mulai menghilang sejak tahun 1992 di saat Permana dan beberapa wilayah kepulauan di sekitarnya hancur lebur disikat tsunami.

    Terhadap konsep pengibaran bendera merah putih di dasar laut, ternyata mendapat respons tinggi dari masyarakat. Kabarnya, cukup banyak warga masyarakat di Kota Maumere yang berencana ikut menyaksikan upacara unik ini. Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera konon dikabarkan akan mengikuti upacara di Pemana.

    Untuk ke Pemana, harus menyeberangi Laut Flores, dan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan kapal motor. PolAir sudah memastikan akan menyediakan tiga kapal motor yang besar untuk mengangkut warga masyarakat ke Pemana. Rencananya rombongan yang mau ke Pemana akan diberangkatkan pada Rabu (17/8) pagi dengan titik start Hotel Capa Maumere.

    Sebelumnya pada HUT Kemerdekaan RI tahun lalu, upacara unik juga dilaksanakan Pemerintah Kecamatan Alok Timur bersama warga masyarakat Desa Kojadoi. Kala itu dilakukan pengibaran bendera merah putih di tengah laut. Upacara ini berlangsung sukses dan menbdapat apresiasi dari begitu banyak orang.***

     
      TAG:
    • khas
    •   
    •   
    •   




    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.