• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 30 November 2021

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Di Pamana, Merah Putih Dikibarkan Tiga Kali
    VICKY DA GOMEZ | Jumat, 19 Agustus 2016 | 22:04 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Di
    Pasukan pengibar bendera merah putih pada upacara HUT RI ke-71 di halaman Terminal Pelabuhan Feri Pamana, Rabu (17/8)

     

     

    MAUMERE, FLOBAMORA.NET - Ada yang unik terjadi di Desa Pamana Kecamatan Alok. Di desa terpencil dalam wilayah kepulauan di gugusan Teluk Maumere ini, memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71, Rabu (17/8), bendera merah putih dikibarkan sebanyak tiga kali pada waktu dan tempat yang berbeda.
           

    Pertama kali bendera merah putih dikibarkan pada upacara apel bendera yang berlangsung di halaman Terminal Pelabuhan Feri Pamana. Upacara bendera dilaksanakan jam 08.00 Wita, dihadiri para pelajar, mahasiswa, guru dan medis, Tim Penggerak PKK Tingkat Desa, pegawai negeri pada Kantor Desa Pamana, dan masyarakat setempat.
           

    Pejabat Kepala Desa Pamana Aloysius Parera bertindak sebagai Inspektur Upacara, dengan Mohammad Idrus, anggota Polri yang bertugas pada Pos Pol Pamana selaku Komandan Upacara. Hadir antara lain Sekcam Alok Bernadus Absalon Parera, anggota DPRD Sikka Syarifudin, Kapolsek Alok Yohanes B. Payong, Lurah Kabor Ajustus Ariston, Lurah Madawat Cherry Newar, dan Lurah Kota Uneng Yohanes Charollus Fernando Nong, dan mantan Kepala Desa Pamana La Ampo.
           

    Pada upacara ini pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) sebanyak 25 personil pelajar dari tiga sekolah yaitu SMA Pamana, SMP Pamana, dan MTs Nur Muhammad Pamana. Pembawa bendera adalah Ilfa Safitri pelajar Kelas IX SMP Pamana, dengan dua orang pengerek yang masih duduk di Kelas VIII SMP Pamana yaitu Salman Alfaris dan Kamaruddin.
           

    Usai dari Terminal Pelabuhan Feri, seluruh warga masyarakat diarahkan ke Pulau Kambing untuk mengikuti pengibaran bendera merah putih di dasar laut. Konsep ini diinisiatifi oleh manajemen Capa Hotel Resort yang kemudian didukung oleh Pemerintah Kecamatan Alok, Pemerintah Desa Pamana, pihak ketiga lainnya.
           

    Sebanyak 23 penyelam terlibat dalam kegiatan langka ini, di kedalaman air laut sekitar 10-15 meter. Para penyelam terdiri dari unsur Ditpolair Polda NTT, Lanal Maumere, Kodim Sikka, Basarnas Maumere, Capa Hotel Resort, Wailiti Beach, dan Sikka Dive Community. Bertindak selaku Inspektur Upacara yakni KBO Ditpolair AKBP Ardi Supriono, dengan Komandan Upacara Kapten (L) B.R. Purwanto dari Lanal Maumere.
           

    Upacara yang berlangsung sekitar pukul 11.00 Wita ini berlangsung sukses dan disaksikan ratusan warga yang datang dari Pamana dan desa-desa sekitar, termasuk banyak juga yang datang dari Kota Maumere. Hadir juga saat itu Camat Alok Fitrinita Kristiani. Sang saka merah putih berukuran 2x3 meter tepat berada di atas puncak tiang setinggi meter pada pukul 11.58 Wita.
           

    Masih di perairan yang sama, usai sukses mengibarkan bendera merah putih di dasar laut, setelah itu sebuah bendera merah putih berukuran 3x4 meter dikibarkan di atas permukaan laut. Bendera merah putih ini dibentangkan dan terlihat jelas oleh ratusan warga yang berada di kapal-kapal motor, perahu, dan sampan-sampan nelayan.
           

    Para penyelam sengaja membentang dan memperlihatkan bendera merah putih ke atas permukaan, untuk menyampaikan pesan bahwa mereka sudah selesai bertugas dan sukses mengibarkan bendera merah putih di dasar laut. Setelah hampir kurang 15 menit dibentangkan, bendera merah putih tersebut kemudian dilipat secara baik dan dibawa pulang ke darat.
           

    Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Pamana ini diliput oleh 10 wartawan media elektronik, cetak, dan online yang bertugas di wilayah Kabupaten Sikka. Seluruh kegiatan terkesan ramai, menarik dan unik, jika dibandingkan dengan upacara-upacara seremonial di tempat lain, termasuk di Kota Maumere yang dipimpin oleh Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.