• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 25 Januari 2022

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Setiap Tahun Nelayan Pamana Hasilkan 90 Ribu Ton Lebih Ikan Cakalang
    VICKY DA GOMEZ | Minggu, 21 Agustus 2016 | 18:46 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Setiap
    Mantan Kepala Desa Pamana La Ampo

     

     

    MAUMERE, FLOBAMORA.NET - Masyarakat Desa Pamana Kecamatan Alok terkenal dengan nelayan-nelayan yang tangguh. Mereka berburu dan menangkap ikan di lautan samudera yang luas. Ikan cakalang adalah salah satunya, dan jenis ikan ini dapat dihasilkan lebih dari 90 ribu ton setiap tahunnya.
           

    Mantan Kepala Desa Pamana La Ampo, Selasa pekan lalu di Pamana menuturkan ada ratusan jenis ikan yang sering dibawa pulang nelayan Pamana. Dari sekian ratusan jenis ikan itu, produksi yang paling tinggi yakni ikan cakalang.
           

    Ikan jenis cakalang, kata dia, menjadi buruan prioritas nelayan Pamana. Pasalnya ikan jenis ini sangat cepat mendongkrak pendapatan nelayan karena sering diekspor ke luar negeri. Karena itu para nelayan Pamana tidak saja mencari dan menangkap di perairan Pamana atau wilayah sekitar, tapi juga sampai ke perairan-perairan di luar wilayah Kabupaten Sikka.
           

    Biasanya yang sering menangkap ikan cakalang adalah nelayan kategori pole and line yang menggunakan motor laut dengan kapasitas yang cukup untuk menjelajahi semua perairan. Di Pamana sendiri, tutur dia, terdapat 74 kapal motor pole and line milik nelayan.
           

    “Produksi ikan cakalang sangat tinggi di sini. Hasil tangkapan biasanya dijual ke Maumere. Paling banyak dikespor mereka menjual ke perusahaan-perusahaan ikan, yang nantinya diekspor ke luar negeri,” ujarnya.
           

    Melihat potensi yang cukup tinggi ini, La Ampo mengaku sangat senang sekali jika di Pamana didirikan pabrik pengolah ikan. Dia berharap Pemerintah Kabupaten Sikka memikirkan untuk mendirikan pabrik ikan, sehingga hasil-hasil ikan dari nelayan bisa langsung dilempar ke pengusaha pabrik ikan.

    Ia menambahkan, baru-baru ini ada tiga orang pengusaha asal negara Cina yang datang menemuinya di Pamana. Pengusaha Cina ini rencananya akan mendirikan pabrik ikan kaleng di Pamana. Dia pun menyambut hangat niat baik pengusaha Cina tersebut.

     

    “Mereka datang ke sini diantar oleh seorang pemerhati laut dari Maumere. Mereka menggali data dan informasi, juga sempat survey. Rencananya mereka mau dirikan pabrik ikan kaleng di sini. Ini sangat bagus sekali, dan saya berharap pemerintah memberikan dukungan,” ujar dia.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2022 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.