• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 02 Desember 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Saatnya Penambahan Kursi di DPRD Ende
    ALEX | Rabu, 24 Agustus 2016 | 12:22 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Saatnya
    Ketua KPU Ende Florentinus H Wadhi

     

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - KPU Kabupaten Ende diminta untuk menambah jumlah kursi  di DPRD  setempat  yang semulanya 30 kursi menjadi 35 kursi.Tidak itu saja KPU juga didesak untuk segera menambah Daerah Pemilihan (Dapil).


    Harapan sekaligus desakan tersebut muncul saat diskusi awak media bersama KPU Kabupaten Ende,Selasa (23/8).


    "Berdasarkan in put data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Ende jumlah penduduk kita sudah sudah pas untuk menambah kursi di DPRD dan juga untuk penambahan Dapil," kata Hary Epu.

     

    Dia menyebutkan,berdasakan data yang diterima, jumlah penduduk sudah mencapai 303 ribu dengan demikian sudah saatnya KPU Ende memproses penambahan kursi di DPRD Ende.


    Anggota Komisioner KPU Ende dari Divisi Pemungutan dan Penghitungan Suara dan Pencalonan Djamal Umar membenarkan informasi terkait dengan penambahan jumlah penduduk di Kabupaten Ende.

     

    Menurutnya, pihaknya baru mendapat informasi lewat media yang dipublikasikan beberapa waktu lalu, namun secara resmi belum mendapat data dari Dinas kependududkan dan Pencatatan Sipil.


    Ia menyebutkan, untuk bisa menambah kursi di DPRD Ende maka dibutuhkan kurang lebih jumlah penduduk diatas 250 ribu. Sementara sekarang informasi yang dipublikasikan media sudah mencapai 330 ribu jiwa.Jika memang demikian bisa dipastikan segera diproses.


    "Infonya masih sebatas di media.Mudah-mudahan kami bisa secepatnya mendapat data dari dinas dan segera memprosesnya," kata Djamal Umur.


    Sementara itu Ketua KPU Ende Florentinus H Wadhi mengatakan, persoalan penambahan kursi di DPRD Ende dalam beberapa pekan ini  terus bergulir baik di kalangan partai politik maupun DPRD Ende.Pihaknya akan menanggapi dengan melakukan pembahasan.


    "Sekali lagi kami akan lakukan pembahasan namun hingga sekarang terkait dengan data-data jumlah penduduk kami belum dapat," katanya.

     

    Selain itu, tuturnya,  jika terjadi penambahan jumlah penduduk juga bisa dipastikan daerah pemilihan juga akaan turut berubah.

    Ia menjelaskan, perubahan bisa dalam penambahan DAPIL, Perubahan DAPIL atau Dapilnya tetap namun dalam artian dengan memperhatikan kondisi geografis dan adat setempat.

    Budhi mengatakan, untuk semua itu KPU Ende segera melakukan survei untuk melihat kemungkinan perubahan dan penambahan Dapil.

    Sementara itu anggota DPRD Ende Philipus Kamis pada beberapa  kesempatan berharap agar KPU setempat untuk jemput bola berkaitan dengan data jumlah penduduk.

    "Jangan lagi tunggu, KPU harus jemput bola.Kita tidak lagi duduk diam dan menunggu data itu datang baru dilakukan proses," kata Philipus Kami.

     

    Untuk itu, tambahnya, perlu adanya komunikasi antara dua instansi supaya data yang dimaksud segera disampaikan untuk dibahas. ***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.