Warning: ob_start(): output handler 'ob_gzhandler' conflicts with 'zlib output compression' in /home/flobamor/public_html/media.php on line 2
50 Tagana Kabupaten Kupang Ikuti Bimtek Siaga Bencana


  • LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 20 April 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    50 Tagana Kabupaten Kupang Ikuti Bimtek Siaga Bencana
    ALBERTUS VINCENT REHI | Senin, 29 Agustus 2016 | 13:51 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    50
    Anggota Tagana Kabupaten Kupang

     

    OELAMASI, FLOBAMORA.NET - Sebanyak 50 Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kupang dipersiapkan untuk dapat melaksanakan tugasnya membantu masyarakat baik dari segi antisipasi bencana maupun dalam menghadapi bencana melalui Bimtek Siaga bencana yang dilangsungkan selama lima hari mulai tanggal 29 - 2 September 2016.

     

    Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Dinas Sosial ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno dan dihadiri oleh pejabat dilingkup Pemkab Kupang diantaranya Kadis Sosial Ibrahim Humau, Kepala LPPL RSKK Martha Paraede dan pejabat lainnya.

     

    Wabup Korinus Masneno dalam sambutannya mengatakan kegiatan Bimtek merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah terhadap anggota Tagana khususnya terkait dengan upaya mempertajam kemampuan dan keterampilan dasar yang telah dimiliki terkait penanganan bencana. Dirinya mengharapkan input dari kegiatan ini ialah tersedianya petugas penanganan bencana yang mampu dan memiliki keterampilan memadai dalam melaksanakan tugas-tugas kebencanaan.

     

    “Bencana merupakan kejadian yang tidak terduga sehingga dalam penanganannya dituntut sikap profesional dari pelaku penanganan,” kata Mantan Asisten II Setda Kabupaten Kupang tersebut.

     

    Ia mengatakan, berbagai terobosan yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi bencana ialah dengan merubah sistem penanganan dari fatalistik responsif menjadi preventif pro aktif dalam arti penanganan bencana tidak hanya pada kondisi bencana saja melainkan lebih bersifat kesiapsiagaan aktif.

     

    Untuk itu ia mengharapkan kegiatan Bimtek memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kemampuan anggota Tagana untuk mampu memberikan pendampingan sosial bagi korban bencana, masa depan pra bencana, saat bencana maupun pasca bencana. Selain itu meningkatkan kemampuan Tagana dalam aspek psikologi khusus bagi korban bencana yang mengalami psikososial serta melibatkan anggota Tagana dalam mengawal kampung siaga bencana.

                

    Sementara Kadis Sosial Ibrahim Humau menyampaikan, kondisi Kabupaten Kupang yang rawan bencana mengharuskan anggota Tagana untuk senantiasa siap siaga.

     

    Ia mengatakan, tujuan yang ingin dicapai melalui kegiatan bimtek ada dampak positif bagi anggota Tagana untuk lebih siap dan memiliki kesiapsiagaan demi mengurangi resiko dan dampak bencana di Kabupaten Kupang. Kegiatan Bimtek ini sendiri mendatangkan instruktur dan pemateri dari Basarnas  NTT dan Dinas Sosial Kabupaten Kupang.***


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.