• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 28 Oktober 2020

     
    Home   »  Travel
     
    Valerianus Usulkan Jual Pariwisata Secara Paket
    VICKY DA GOMEZ | Rabu, 31 Agustus 2016 | 21:49 WIB            #TRAVEL

    Valerianus
    Pantai Doreng

     

     

    MAUMERE,FLOBAMORA.NET – Potensi pariwisata di Kabupaten Sikka selama ini belum bisa dieksplor maksmimal karena terbentur berbagai kendala, antara lain teknis penjualan yang masih bersifat tunggal. Valerianus Samador Conterius, Camat Doreng, mengusulkan agar perlu strategi penjualan secara paket.
     
    Di wilayah kecamatannya, kata dia, cukup banyak potensi wisata yang unik, menarik, dan menjanjikan. Dia menyebut misalnya Pantai Doreng yang memiliki keindahan alam dengan pasir putih yang membentang luas. Baru-baru ini, ceritanya, ada sebuah keluarga dari Prancis yang berbulan madu di Pantai Doreng.

    Doreng juga punya agrowisata dengan kekayaan akan buah-buahan. Dia mengatakan buah-buahan sangat melimpah di Doreng, dan salah satu yang menjadi ikon Doreng dalah buah durian.

    Masalahnya, kata dia, potensi-potensi ini tidak bisa berkembang baik karena selama ini turis domestik dan mencanegara hanya berhenti di Desa Watublapi Kecamatan Hewokloang, yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari Doreng. Kalau saja pelaku-pelaku pariwisata membuka ruang agar turis ke Doreng dan sekitarnya, pasti akan sangat membantu perkembangan pariwisata di wilayah selatan Kabupaten Sikka.

    “Karena itu saya usulkan perlu promosi dan jual aset pariwisata kita ini secara paket. Sehingga turis itu tidak berhenti di Watublapi, tapi bisa lanjutkan perjalanan ke Kloangpopot, Doreng, Bola dan sekitarnya. Di sana banyak sekali objek wisata. Jadi perlu ada rute, sehingga minimal semua objek wisata di sekitarnya bisa disentuh,” usul Valerianus saat Seminar Strategi Pengembangan dan Pemanfaatan Potensi Wisata Budaya dan Pariwisata Kabupaten Sikka di Aula SMAN 2 Maumere, Senin (29/9).

    Dari pengamatannya, tambah dia, masih terdapat banyak kendala dalam pengembangan pariwisata, khususnya di Doreng. Dia menyebutkan masalah sarana transportasi hingga ke objek-objek wisata masih sangat terbatas. Belum lagi infrastruktur jalan yang belum memadai. Selain itu, tambahnya, ketersediaan air bersih juga menjadi salah satu faktor rendahnya minat turis mengunjungi objek wisata di Doreng.

    Valerianus juga menyinggung tentang kesiapan masyarakat sekitar. Hemat dia, masyarakat belum melihat potensi-potensi wisata sebagai pelaung untuk meningkatkan pendapatan.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.