• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 03 Desember 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Michael Manda: Penemuan Emas Itu Sudah Sejak Puluhan Tahun Lalu
    | Senin, 03 Maret 2014 | 12:44 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Michael

     

     
    Maumere, Flobamora.net - Penemuan emas di Pantai Sikka di Desa Sikka Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, ternyata sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu. Peristiwa ini kemudian menjadi heboh sekitar satu bulan terakhir ini, menyusul cerita dari mulut ke mulut.
                    
    Michael Manda da Cunha, warga Desa Sikka yang ditemui Flobamora.net di kediamannya Minggu (2/3), mengaku pasca kemerdekaan tahun 1945 dia sudah pernah menemukan emas di pesisir Pantai Sikka di belakang Lepo Gete, Istana Kerajaan Sikka.

    Lelaki yang kini berusia 74 tahun itu bahkan juga pernah menemukan peninggalan bersejarah lainnya seperti guci. Salah satu guci yang dia temukan di daratan, sudah diserahkan ke Museum Bikon Blewut Ledalero.
                    
    “Waktu kecil ketika saya masih di sekolah dasar, saya sudah temukan barang-barang peninggalan bersejarah. Jadi sebenarnya peristiwa ini sudah sejak puluhan tahun lalu. Hanya waktu itu kita diam-diam saja. Terakhir ini sudah heboh, karena orang mulai cerita dari mulut ke mulut. Jadinya ramai setiap hari masyarakat pergi mencari emas di pesisir pantai,” jelasnya.
                    
    Dia mengisahkan, waktu dulu biasanya dia ke pantai sekedar untuk jalan-jalan saja. Kadang-kadang menemukan benda-benda asing,lalu ketika diteliti ternyata emas. Selain itu, tambahnya, di bagian daratan Desa Sikka ada saja yang pernah menemukan peninggalan bersejarah yang tertanam di dalam tanah. Biasanya ditemukan kalau orang menggali tanah untuk membangun fondasi rumah.
                    
    Dikonfirmasi terkait penemuan emas yang kini heboh, Michael elum bisa memperkirakan asal-isilnya. Menurut dia belum pernah ada catatan- catatan tertulis atau cerita-cerita sejarah yang bias dikait-kaitkan dengan penemuan emas ini.

    Flobamora.net merekam berbagai dugaan dan perkiraan tentang asal-usul emas yang kini ditemukan di pesisir Pantai Sikka. Ada dugaan harta karun yang dibuang ke laut pada zaman Kerajaan Sikka tempo dulu. Ada juga dugaan yang mengarah ke kapal-kapal asing yang karam di tengah laut, di antaranya turut tenggelam harta karun berupa emas.
                    
    Dia menuturkan, pada waktu dulu Kerajaan Sikka sangat berlimpah harta berupa emas. Dia menggambarkan proses adat pernikahan misalnya, yang waktu itu calon pengantin laki-laki mesti membayar mahar kawin berupa emas yang ditaruh pada nyiru.
                    
    Dia menambahkan, selain menjadi pusat Kerajaan Sikka, sekitar abad ke-16 Desa Sikka juga terkenal sebagai pusat perdagangan. Menurut dia, kala itu, banyak kapal asing yang masuk ke Desa Sikka untuk transaksi barang secara barter.
                    
    Cukup sulit bagi Flobamora.net mencari tahu riwayat asal-usul emas yang kini ditemukan warga masyarakat. Selain karena tidak ada dokumen catatan sejarah tertulis, juga karena pelaku-pelaku sejarah di Desa Sikka sudah banyak yang meninggal.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.