• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 16 Juli 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Aneh, Pejabat Sementara Direktur PDAM Sikka Diangkat Berkali-kali
    VICKY DA GOMEZ | Rabu, 05 Oktober 2016 | 09:35 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Aneh,
    Ketua Fraksi PKP Indonesia Alfridus Melanus Aeng

     

    MAUMERE, FLOBAMORA.NET - Ada hal aneh yang dilakukan Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera untuk mengisi lowongan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sikka. Dia mengangkat Ruben Soludale sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Direktur PDAM Sikka, dan hal ini sudah dilakukan berkali-kali.

    Sebagaimana data dari Fraksi PKP Indonesia, Ruben Soludale diangkat pada Juni 2015 untuk waktu enam bulan hingga Desember 2015, sampai dengan perekekrutan Direktur PDAM definitif. Sampai dengan batas waktu itu, karena belum ada Direktur PDAM definitif, Bupati Yoseph Ansar Rera memperpanjang jabatan tersebut sampai Juni 2016.

    Dan lagi-lagi karena belum ada Direktur PDAM definitif, kembali masa jabatan Ruben Soludale diperpanjang sejak Juli 2016 untuk jangka waktu enam bulan. Anehnya lagi, diktum ketujuh Surat Keputusan Bupati Nomor 311/HK/2016 berbunyi keputusan tersebut mulai belaku sejak 5 Juli 2016, tetapi justeru keputusan itu baru ditetapkan pada 18 Juli 2016. Fotocopy SK Bupati yang salah kaprah ini beredar luas di kalangan masyarakat.

    Terkait Pjs Direktur PDAM Sikka yang diangkat berkali-kali ini, Fraksi PKP Indonesia mempertanyakan sikap pemerintah terhadap perekrutan Direktur PDAM Sikka yang baru untuk menggantikan Pjs Direktur PDAM Sikka.


    “Jabatan Pejabat Sementara ini seakan abadi sejak Juni 2015 hingga Oktober 2016. Ini berarti sudah 1 tahun 4 bulan. Padahal pengangkatan pejabat sementara berlaku paling lama 6 bulan, dan karena itu tidak dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan. Hal ini mengandung konsekuensi hukum yang sangat besar namun diabaikan oleh Bupati sebagai pemilik modal,” tukas Ketua Fraksi PKP Indonesia Alfridus Melanus Aeng pada rapat paripurna DPRD Sikka, Selasa (4/10).

    Anehnya lagi, ketika belum ada Direktur PDAM definitif, pemerintah justeru mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan atas Perda Nomor 8 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Kepegawaian PDAM Sikka. Kesal dengan sikap pemerintah seperti ini, Fraksi PKP Indonesia pun menyatakan sikap untuk menunda pembahasan Ranperda  tersebut sampai dengan adanya Direktur PDAM definitif.

    Pernyataan kesal juga diutarakan Ketua Fraksi Partai Demokrat Agustinus Romualdus Heni atau yang biasa disapa Heni Doing. Mantan Pimpinan DPRD Sikka ini menyesalkan terkatung-katungnya pembenuman Direktur PDAM Sikka yang definitif.

    “Rasanya tidak mungkin kalau kita tidak bisa menemukan orang yang tepat dari sekian banyak rakyat di kabupten ini. Berkali-kali sudah disampaikan bahwa hal yang dilakukan sekarang ilegal karena melanggar aturan, akan tetapi pemerintah bergeming dan menganggap angin lalu, suara sumbang yang tidka perlu didengar. Ada apa dengan hal ini?” kesal Heni Doing.

    Heni Doing pun menantang pemerintah untuk menjelaskan aturan yang memperbolehkan pengangkatan berkali-kali Pjs Direktur PDAM Sikka. Dia meyakini tidak ada regulasi yang mengatur, apalagi Pjs Direktur PDAM Sikka sekarang berasal dari pejabat non struktural di PDAM Sikka.

    Ia pun kecewa, ketika dalam kondisi seperti ini, pemerintah justeru menyodorkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan atas Perda Nomor 8 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Kepegawaian PDAM Sikka untuk dibahas pada sidang Perubahan APBD 2016.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.