• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 13 November 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Karutan Maumere Bantah Eksekusi Mati HJM
    VICKY DA GOMEZ | Kamis, 06 Oktober 2016 | 21:07 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Karutan
    Kepala Rutan Maumere Hudi Ismono

     

    MAUMERE,FLOBAMORA.NET – Belakangan ini terdengar informasi yang simpang siur tentang akan dilakukan eksekusi mati Herman Jumat Masan (HJM), terpidana hukuman mati akibat kasus pembunuhan berencana. Kepala Rutan Maumere Hudi Ismono pun langsung membantah kabar burung ini.
           

    “Informasi itu saya baru dengar dari pemberitaan sebuah media online. Saya tanyakan Kajari Maumere, dan beliau bilang tidak ada. Memang ada permintaan dari Kajati NTT untuk mendata terpidana mati di NTT, tapi bukan untuk eksekusi mati sebagaimana infornasi yang terdengar,” bantah Hudi Ismono ketika dihubungi di ruang kerjanya, Kamis (6/10).
           

    Bantahan yang sama juga disampaikan Stefanus Roy Rening, Ketua Tim Legal Advokasi Penghapusan Hukuman Mati (AHPM). Roy Rening bersama sejumlah anggota Tim AHPM seperti Alexius Adu dan Emanuel, ditemui di Rutan Maumere, Kamis (6/10). Saat itu mereka mengunjungi HJM untuk keperluan pengajuan permohonan peninjauan kembali (PK). Ikut hadir dalam tim ini adalah Pater John Prior, SVD, dan Ketua Fraksi Partai Nasdem Siflan Angi.
           

    “Itu isu yang tidak benar. Kenapa tidak benar, karena HJM masih punya dua hak hukum yaitu PK dan grasi. Sepanjang dua upaya hukum ini belum dilakukan, maka tidak mungkin dilakukan eksekusi. Apalagi keputusan eksekusi mati harus datang dari Kejaksaan Agung, bukan dari Kejati atau Kejari,” ungkap Roy Rening.
           

    Koordinator Humas/Publikasi Tim AHPM Emanuel juga melakukan klarifikasi sehubungan isu eksekusi mati terhadap HJM. Dia mengatakan isu tidak bertanggungjawab karena HJM masih memiliki hak-hak hukum untuk mengajukan upaya hukum PK dan mengajukan permohonan grasi kepada presiden sebagimana yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan.
           

    Flobamora.net sempat bertemu dengan HJM di lobi Rutan Maumere. Saat itu HJM sedang didampingi Tim AHPM. Dengan mengenakan kaos binaan berwarna merah, HJM mengaku dalam keadaan sehat dan senang meskipun sedang berada di balik jeruji besi. Mantan pastor ini mengatakan saat sedang menghadapi kasus ini dia justeru merasakan Tuhan lebih sayang kepadanya.
           

    Ia mengatakan akan mengajukan permohonan PK untuk membuktikan kebenaran atas tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Membuktikan kebenaran, kata dia, untuk memposisikan persoalan hukum ini secara benar dan tepat untuk kepentingan gereja dan masyarakat.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.