• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 27 November 2021

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Cari Besi Tua, Dua Eba Temukan Emas
    VICKY DA GOMEZ | Senin, 03 Maret 2014 | 13:38 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Cari
    Kabupaten Sikka

     

     
    Maumere, Flobamora.net - Awalnya dia bermaksud mencari besi-besi tua di pesisir Pantai Sikka, Desa Sikka, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka. Kebiasaan ini dia lakukan setiap hari setelah pulang dari sekolah, ketika air laur sedang surut dengan maksud untuk membantu orangtua menambah pendapatan. Selain besi tua yang dia pungut, ternyata Konstantina Anjelina Dua Eba menemukan juga beberapa lempengan emas.
                    
    Temuan pelajar kelas 2 SDK Sikka itu, seketika menjadi heboh menyusul cerita dari mulut ke mulut. Alhasil, setiap hari sejak saat itu warga Desa Sikka pun ramai-ramai berburu emas di Pantai Sikka saat air laut surut.
     
    Sudah hampir satu bulan terakhir ini perburuan emas yang diperkirakan sebagai peninggal bersejarah itu gencar dilakukan warga masyarakat setempat.
                    
    Ditemui di rumahnya di Desa Sikka Minggu (2/3), Dua Eba masih malu-malu menceritakan penemuan emas yang menhebohkan itu. Herce Karwayu, ibunya, kemudian membantu menceritakan. Menurut Herce, di antara besi tua yang dipungut anaknya, terselip juga sebuah benda asing berukuran kecil yang diduga emas.

    Dia membawa benda asing itu ke Desa Nita untuk memastikan jenis benda asing itu. Dari hasil tera, diketahui benda asing itu adalah emas, dengan berat 2 gram. Emas ini langsung dia jual, dan membelikan sepeda untuk anaknya. Dari riwayat sepeda baru ini yang kemudian melhirkan perburuan emas.
                    
    Rupanya berkah untuk Dua Eba sudah terjadi sejak tiga tahun lalu. Herce menceritakan bahwa waktu itu Dua Eba menemukan sebuah cincin emas yang masih utuh di antara besi-besi tua yang dia pungut di pesisir pantai. Cincin itu kemudian digadaikan pad salah seorang warga Desa Sikka.          
                    
    Pantauan Flobamora.net, Minggu (2/3), ratusan warga masyarakat Desa Sikka turun ke pesisir Pantai Sikka untuk berburu emas. Lokasi perburuan yang seluas 100-an meter itu persis berada di belakang Lepo Gete, Istana Kerajaan Sikka.

    Aktifitas ini dilakukan sudah hampir satu bulan terakhir ini saat air laus surut. Warga pun langsung menjualnya kepada dua orang pedagang jual beli emas yang melakukan transaksi di tempat. Diperkirakan emas-emas yang terjual itu nilainya sudah mencapai Rp 10 juta.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.