• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 02 Desember 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Komunitas GPS Kota Ende Bersihkan Sampah
    LEX | Senin, 03 Maret 2014 | 14:28 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Komunitas
    Grup Peduli Sampah (GPS) Ende

     

     
    Ende, Flobamora.net - Untuk menciptakan kebersihan lingkungan dan memberikan rasa keindahan kota , Grup Peduli Sampah (GPS) melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Bitta Beach, Minggu (2/3).

    Dalam kegiatan itu ratusan anggota melakukan aksi pembesihan sampah sepanjang pantai  Bitta yang merupakan salah satu tempat rekreasi warga kota Ende ini.

    Koordinator GPS  Br. Yohanes Berchamans Ebang, SVD mengatakan, aksi yang mereka lakukan adalah karena GPS merasa terpanggil untuk memberikan pemahaman kepada  para warga agar bisa hidup tertib.

    Tertib tuturnya, dalam arti menjaga lingkungan sehingga menjadi bersih dan asri sehingga dengan demikian tidak akan berdampak pada timbulnya banyak penyakit akibat perilaku tidak tertib warga dalam membuang sampah.

    “Aksi ini spontan dari teman-teman yang bernaung di dalam Grup Peduli Sampah.Aksi yang dibuat mengingat masih banyak sebagian besar warga kota terutama di pesisir Pantai Bitta ini masih membuang sampah di sebarang tempat sehingga terkesan kumuh dan kotor, padahal ini merupakan salah satu tempat rekreasi warga kota Ende,” kata Hans Ebang.

    Dia menuturkan, GPS ini baru terbentuk beberapa bulan namun keanggotaannya cukup luar biasa, terdiri dari para kawula muda kota Ende yang terdiri dari para mahasiswa dan para Pelajar SMA maupun SMP yang ada di kota Ende .

    “Semua sama, terpanggil untuk menjaga kota Ende ini khususnya dari perilaku yang tidak tertib tadi, membuang sampah tidak pada tempatnya.Grup ini terbuka juga untuk umum bagi mereka yang peduli terhadap kebersihan lingkungan,” ujarnya.

    Dia mengatakan, aksi nyata yang di lakukan GPS  masih dalam bentuk kegiatan yang kecil-kecil seperti membersihkan sampah di tempat-tempat umum yang ada di kota Ende, seperti di  pasar, pantai, daerah pertokoan.Namun kedepannya direncanakan akan bekerja sama dengan Dinas Pertamanan dan Kebersihan kabupaten Ende dalam kaitan dengan pengelolaan sampah khususnya sampah .

    Salah satu anggota GPS Kota Ende, Maria Ermelinda Wea yang juga mahasiswa Universitas Flores mengatakan tertarik  bergabung dengan GPS ini, karena kepedulianya terhadap lingkungan.

    Dia juga melihat perilaku warga kota yang belum paham betul akan makna dari kebersihan. Dia berharap   agar ketika aksi berjalan maka bersamaan  dengan itu mereka akan secara  langsung mengkampanyekan pola hidup bersih, dan sehat.

    Sementara itu salah seorang penggagas  GPS  Br.Remigius Fobia mengatakan, Grup Peduli Sampah ini terbentuk berdasarkan keprihatinan Kaum Muda kota Ende melihat sampah-sampah yang ada.

    Berawal dari kicauan dari Jejaring Sosial FB dan Twitter maka dengan beberapa rekannya terpanggil untuk membentuk sebuah wadah dan wadah tersebut yang menjawabi keresahan mereka akan sampah-sampah yang tidak di kelola dengan baik.

    Dirinya berharap agar dengan di lakukan aksi-aksi nyata dari kawula muda  kota Ende terhadap sampah, menggugah warga untuk  membuang sampah pada  tempatnya.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.