• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 19 Oktober 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Kapela Santo Arnoldus Janssen Direndam Lumpur
    ALEX | Jumat, 04 November 2016 | 13:44 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Kapela
    Kepala BPBD Kabupaten Ende, Albert Yani (tengah berkacamata hitam)

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Hujan lebat yang mengguyur Kota Ende, Rabu (2/11)  malam menyebabkan banjir hampir merata di seluruh wilayah kota.Beberapa rumah penduduk ,toko dan perkantoran serta rumah ibadah terendam banjir.


    Pantauan media ini, Kamis (3/11) kemarin di Kapela Santo Arnoldus Janssen Wolowona, lumpur menggenangi dan masuk ke rumah ibadah tersebut.

     

    "Air yang masuk mencapai ketinggian lutut orang dewasa atau sekitar 30 centimeter  disertai dengan lumpur.Malamnya, sekitar 50 menit hujan turun ,"kata Gabriel Ema salah seorang warga ketika melakukan pembersihan di dalam kapela tersebut.


    Sementara itu Kepala BPBD Ende Albert Yani ditemui saat melakukan pemantauan mengatakan, hujan yang terjadi malam itu  intensitasnya cukup tinggi sehingga di beberapa tempat juga terjadi banjir dan air masuk rumah,toko dan perkantoran serta rumah ibadah.


    "Banyak saluran mampet, sehingga air mengalir tanpa terbendung dan masuk ke tempat-tempat itu seperti di kapela Arnoldus Janssen," kata Albert Yani sambil menambahkan kebanyakan rumah atau toko ataupun kantor yang terletak di dataran rendah.


    Ia mengatakan, pemerintah sudah melakukan penanganan tanggap darurat terhadap permasalahan tersebut.Khusus untuk kapela, penanganannya dengan melakukan pembersihan.


    "BPBD, PDAM, Dinas PU sudah  turunkan  tim tekhnis untuk  ambil langkah penanganannya. Kita sudah siapkan alat berat untuk buat tanggul sepanjang pagar tembok untuk antisipasi banjir,"kata Yani.


    ia menyebutkan, selain sebuah kapela, banjir juga menggenangi Kantor Pajak Pratama Ende. Air dan lumpur masuk hingga di dalam kantor.juga sebuah kantor notaris dan sebuah toko samping kantor Bupati juga terendam banjir.


    "Selain bangunan  yang terendam banjir hewan piaraan milik warga seperti anjing, babi dan ayam juga hanyut dibawa banjir akibat melupnya air dari saluran.Banjir juga merusak sejumlah perabot  milik Anton warga Jalan Nenas,” paparnya.

     
    Kata dia beberapa tembok penahan yang ada di sekitar bandara khususnya ujung run way  juga jebol dan menyebabkan air meluap. Meski demikian sudah bisa diatasi sehingga arus transportasi tidak terhambat.


    "Kami terus lakukan patroli melihat kondisi kota seperti apa. Wakil Bupati Ende juga sudah melakukan kunjungan di sejumlah titik dalam kota melihat dampak dari hujan semalam dan melakukan dialog dengan warga,"ujarnya.


    Menurutnya, pihaknya belum mendapatkan laporan dari kecamatan terkait apakah ada bencana akibat hujan yang cukup deras beberapa hari sebelumnya.Namun demikian instansinya akan terus memonitor kondisi yang ada di wilayah kecamatan.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.