• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 29 November 2021

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Status Gunung Iya Kembali Normal
    ALEX | Rabu, 09 November 2016 | 13:05 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Status
    Gunung Iya di Kabupaten Ende

     

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET - Setelah selama beberapa bulan dalam status waspada, mulai tanggal 31 oktober 2016,status Gunung Iya di Kabupaten Ende diturunkan ke level normal.

     

    Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende Albert Yani saat ditemui,Rabu (9/11) di ruang kerjanya.


    Albert mengatakan, pihaknya sudah memberitahukan kepada warga khususnya yang tinggal di seputaran Gunung Iya akan penurunan status tersebut.


    "Memang benar status Gunung Iya sekarang sudah turun dari waspada ke normal.Meski demikian kami masih harapkan warga masyarakat harus tetap waspada karena sewaktu-waktu bisa terjadi perubahan status,"ujar Yani.


    Ia menyebutkan, berdasarkan analisis data pengamatan visual dan kegempaan, sifat atau tipe erupsi Gunung Iya, dan potensi bahayanya, maka pada tanggal 31 oktober 2016 pukul 12.00WITA tingkat aktifitasnya diturunkan dari level II yakni waspada  menjadi Level I atau Normal.


    Ia menuturkan, jika terjadi peningkatan aktifitas vulkanik Gunung Iya secara signifikan, maka tingkat aktifitasnya akan dinaikkan yang disesuaikan dengan tingkat ancamannya.


    "Jika kedepan ada peningkatan akan diinformasikan kalau memang peningkatan aktivitas gunung Iya significant," katanya.

    Ia mengatakann sudah memberikan rekomendasi terkait dengan penurunan aktivitas Gunung Iya. Dimana, masyarakat di sekitar Gunung Iya dan pengunjung atau wisatawan dapat beraktifitas seperti biasanya, namun disarankan agar membatasi aktivitas atau tidak berlama-lama dan tidak bermalam di area kawah aktif, serta tidak mendekati lubang hembusan gas yang berada di sekitar area kawah untuk menghindari potensi bahaya yang mungkin terjadi, seperti diantaranya gas beracun.

    "Kami minta masyarakat atau wisatawan bisa mengindahkan rekomendasi kami ini karena sesewaktu bisa terjadi perubahan status ,"kata Yani.

    Ia juga mengimbau masyarakat yang berada  di sekitar Gunung Iya agar  tetap tenang dan tidak terpancing dengan  isu-isu terkait aktifitas Gunung Iya yang tidak jelas sumbernya.


    "Untuk itu kami harapkan warga  masyarakat agar mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah dan BPBD Nusa Tenggara Timur, Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, dan BPBD Kabupaten Ende dalam memberikan informasi tentang aktivitas Gunung Iya,"tambahnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.