• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 30 Oktober 2020

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Berburu dengan Tenggat Waktu
    ALEX | Senin, 05 Desember 2016 | 12:17 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Berburu
    Bupati Ende Marselinus Y.W Petu saat menantau salah satu proyek di daerah itu

     

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Sejumlah proyek yang sedang dikerjakan di Kabupaten Ende dipastikan tidak akan selesai tepat waktu. Pasalnya memasuki pekan kedua November 2016 masih banyak yang belum mencapai 50 persen.  

     

    Menyikapi persoalan terebut Bupati Ende Marselinus Y.W Petu yang didampingi Kepala Dinas PU Frans Lewang, Senin 14 November 2016  lalu melakukan pemantauan di sejumlah proyek di dalam Kota Ende.

     

    Peninjauan tersebut berawal dari Stadion Marilonga, kemudian memantau proyek peningkatan Jalan El Tari, pembangunan los pasar Potulando, Kantor Perpustakaan, Kantor Kelurahan  Onekore dan Kantor Dinas PPO

     

    Bupati Ende Marselinus YW Petu kepada media ini saat peninjauan Pasar Potulando mengatakan, pemantauan yang dilakukannya untuk memastikan pengerjaan serta progres pengerjaan sejumlah proyek di dalam kota.

     

    "Saya ingin tahu soal progres dari proyek-proyek yang ada khususnya di Kota Ende.Waktu pelaksanaan apakah bisa sesuai dengan target atau tidak," kata Marsel.

     

    Selain untuk memastikan soal progress, kunjungan ini  juga memberikan motivasi kepada rekanan untuk lebih aktif lagi demi mengejar target penyelesaian dari proyek tersebut.

     

    Marsel kemudian menyarankan kepada rekanan untuk bisa menambah waktu kerja dan menambah tenaga sehingga nantinya tidak terkena pinalti.

     

    Ia mengakui kendala utama adalah kesediaan tenaga kerja, lantaran banyaknya proyek, sehingga tenaga terampil terserap habis.

     

    "Selain itu, di desa juga ada pembangunan fisik, praktis tukang dan buruh yang terampil di desa tidak bisa membantu pembangunan yang berskala cukup besar ini," kata Marsel.

     

    Malah beberapa rekanan mendatangkan tenaga kerja dari Timor, Sumba, Manggarai bahkan dari Pulau Jawa.

     

    Ia mengakui, beberapa proyek dipastikan tidak bisa rampung di pertengahan Desember ini. Meski beberapanya berdasarkan laporan dari rekanan dan pengawas paling tidak pada 29 Desember 2016 sudah bisa diselesaikan.

     

    "Kalau untuk peningkatan jalan El Tari tidak mungkin 100%. Masih banyak item yang belum dikerjakan dan menurut rekanan mereka mengatakan 80%-85%. Sementara untuk Pasar Potulando bisa 100%," kata Marsel.

     

    Ia berharap kepada seluruh rekanan yang tengah mengerjakan proyek di Kabupaten Ende untuk komit menyelesaikan proyek sesuai dengan target hari kerja yang sudah diberikan.

     

    "Pemantauan yang saya lakukan hari ini juga sebagai bentuk warning kepada mereka. Apapun alasan baik itu menyangkut tenaga kerja misalnya menjadi urusan rekanan," kata Marsel sambil menambahkan pemerintah dan stakeholder tentunya hanya tahu selesai tepat waktu dan berkualitas.

     

    Direktur Pusat Advokasi dan Kajian Masyarakat (Pusam) Kasimirus Bara Bheri menyangsikan semua proyek yang ada bisa selesai tepat waktu.

     

    Ia mengatakan, rekanan mestinya sudah mengantisipasi kekurangan tenaga kerja dan untuk itu tidak ada alasan untuk tidak menyelesaikan pekerjaan yang mereka tangani.

     

    "Kalau ingin mengejar waktu saya khawatir jangan sampai mutu pekerjaan menjadi rendah karena tidak ada pengawasan dari masyarakat. Coba bayangkan kalau kerja malam siapa yang akan mengawasi mereka,jangan sampai kualitas rendah karena permaianan soal campuran dan lain-lain," ujar Caesar.

     

    Ia meminta pemerintah untuk terus mengawasi karena sebutnya bukan tidak mungkin kualitas pekerjaan dengan mutu yang rendah dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

     

    Tenggat waktu pengerjaan proyek tinggal beberapa pekan ke depan. Beberapa kontraktor yang dihubungi menyatakan optimismenya  penerjaan proyek bisa rampung sebelum tutup tahun  ***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.