• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 16 September 2019

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    Di Sikka, 14 Dos Surat Suara Tercemar Solar
    VICKY DA GOMEZ | Selasa, 04 Maret 2014 | 13:51 WIB            #PEMILU

    Di
    Juru Bicara KPU Sikka, Ferry Y.K Soge

     

    Maumere, Flobamora.net - Sejak hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka memperkerjakan ratusan relawan untuki melakukan sortir surat suara untuk Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014.

    Di antara 851 dos surat suara yang akan disortir, Flobamora.net mencatat terdapat 14 dos surat suara yang tercemar solar. Setiap dos berisikan 1.000 lembar surat suara.

    Data ini diketahui Flobamora.net ketika memasuki gudang tempat penyimpanan dos surat suara. Nampak terlihat sejumlah dos yang dipisahkan dari dos-dos surat suara lainnya.

    Dos-dos itu tampak berbeda dengan dos yang lainnya, karena bagian atas dos tersebut terdapat bekas-bekas hitam seperti terkena tumpahan cairan. Setelah dicari tahu, ternyata diinformasikan bahwa dos-dos itu sempat tercemar solar.
                    
    Juru bicara KPU Sikka Fery Soge yang dihubungi di ruangan kerjanya Selasa (4/3), mengakui ada sejumlah dos yang tercemar solar. Menurut dia, kondisi itu diakibatkan oleh faktor non teknis saat pendropingan dari Kabupaten Manggarai.  

    “Waktu droping dari Manggarai, kendaraan yang mengangkut dos-dos ini sempat terbalik. Lalu ada tumpahan solar yang mengenai dos-dos itu,” jelasnya.
                    
    Fery menambahkan, KPU bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sikka sudah memeriksa kondisi dos-dos yang tercemar solar itu. Menurut dia, yang tercemar hanya dos-nya saja, sedangkan surat suara diperkirakan dalam keadaan baik.

    Dia beralasan, di dalam dos itu ada dua lapisan plastik yang tidak tercemar solar. Dia memastikan surau suara dari dos yang tercemar pun akan disortir untuk diketahui kondisi yang pasti.
                    
    Sementara itu pada kegiatan sortir surat suara untuk DPR RI, sempat tercatat beberapa surat suara yang dianggap dalam kondisi cacat. Ada satu lembar surat surat suara yang sudah terobek menembusi bagian belakang surat suara. Sementara terdapat dua lembar surat suara yang juga dianggap cacat akibat tinta printer yang meresap.
                    
    Terhadap surat suara yang cacat ini, Fery Soge mengatakan semua surat suara yang cacat akan dipisahkan. Berapa banyak surat suara yang cacat akan dihitung, untuk kemudian diklaim kembali ke KPU Pusat.***  


     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.