• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 24 April 2021

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Masyarakat Bantu Lapor Jika Terjadi Pungutan Liar
    VICKY DA GOMEZ | Kamis, 26 Januari 2017 | 14:31 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Masyarakat
    Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera bertempat di Lantai 2 Aula Pertemuan Kantor Bupati Sikka, Rabu (25/1), mengukuhkan Unit Pemberantasan Pungli sebagai tindak lanjut dari kebijakan Presiden Jokowi tentang Satgas Sapu Bersih Pungli

     

     

    MAUMERE,FLOBAMORA.NET – Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera mengharap masyarakat Kabupaten Sikka merespons keberadaan Unit Pemberantasan Pungli (pungutan liar). Respons yang dimaksudkan yakni dengan membantu melapor atau memberikan informasi di mana potensi dan lokasi terjadinya pungli atau mengalami pungli itu sendiri.
           

    Yoseph Ansar Rera menyampaikan hal ini ketika secara resmi mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih (Satgas Saber Pungli), Rabu (25/1), bertempat di Lantai 2 Aula Pertemuan Kantor Bupati Sikka Jalan Ahmad Yani Mamere. Di tingkat Kabupaten Sikka, Satgas Saber Pungli ini disebut dengan Unit Pemberantasan Pungli.
           

    Unit Pemberantasan Pungli, katanya, harus proaktie terhadap laporan masyarakat dengan menindaklanjuti dan bekerja sesuai prosedur yang berlaku sejalan dengan tugas dan kewenangannya.
           

    Wakapolres Sikka Mohammad Saleh dipercayakan sebagai Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kabupaten Sikka. Dia dibantu oleh 20 orang personil yang berasal dari beberapa unsur seperti Polres Sikka, Kodim 1603 Sikka, Kejaksaan Negeri Maumere, dan beberapa instansi terkait di lingkup Permkab Sikka.
           

    Satgas Saber Pungli dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 87 Tahun 2018 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih. Ini merupakan bagian dari paket kebijakan hukum pertama dari Presiden Jokowi. Penanganan pungli merupakan salah satu prioritas presiden menyusul banyaknya keluhan masyarakat yang diterima presiden.
           

    Yoseph Ansar Rera mengajak Satgas Saber Pungli agar mengutamakan fungsi intelijen dan pencegahan untuk penyadaran, dengan melakukan sosialisasi ke bergagai organisasi yang melayani kebutuhan masyarakat. Dia juga meyakinkan agar Satgas Saber Pungli jangan ragu melakukan penindakan untuk menimbulkan efek jera bagi pelaku pungli. Alasannya karena pungli telah dinilai merusak sendi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.
           

    Ketua DPRD Sikka Rafael Raga yang hadir pada pengukuhan ini mengatakan pungli sudah menjadi sejenis penyakit yang ada di tengah masyarakat. Dia mengimbau agar semua orang dalam tugas kesehariannya melayani masyarakat harus menjadi pengendali pungli.
           

    Berkaitan dengan pemberantasan pungli ini, Rafael Raga mengingatkan kepada pemerintah agar ke depannya merevisi peraturan-peraturan daerah yang menyangkut tarif. Hemat dia, masih cukup banyak peraturan daerah seperti itu yang justeru meningkatkan kebocoran dan berpotensi terjadinya pungli.***


     




    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.