• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 29 Maret 2020

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Lapor Bencana, Camat dan Pastor Paroki Detukeli Temui Bupati Ende
    ALEX | Selasa, 14 Februari 2017 | 13:27 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Lapor
    Camat Detukeli Yes Mena didampingi pastor patoki setempat P.Charles Beraf,SVD bersama salah seorang warga,Senin (13/2) kemarin menemui Bupati Ende Marselinus Y.W Petu untuk melaporkan kondisi wilayah itu pascabencana beberapa hari lalu.

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET – Camat Detukeli Yes Mena didampingi pastor patoki setempat P.Charles Beraf,SVD bersama salah seorang warga,Senin (13/2) kemarin  menemui Bupati Ende Marselinus Y.W Petu untuk melaporkan kondisi wilayah itu pascabencana beberapa hari lalu.

     

    Kepada Bupati Marsel yang saat itu didampingi Wakil Bupati Djafar Achmad, Asisten Pemerintah Kornelis Wara , Kepala BPBD Albert Yani dan Kabag Humas Kanis Poto, Charles Beraf mengatakan, sejak 4 Februari lalu belum ada tanggapan dari pemerintah. 

     

    "Ada sepuluh titik longsoran di Kecamatan Detukeli dan sampai sekarang belum ada campur tangan pemerintah daerah. Karena itu kami datang untuk menemui bupati guna menyingkapi hal ini "tandas dia.

     

    Ia mengatakan akibat longsoran tersebut Kecamatan Detukeli sepertinya terisolir karena ruas jalan baik dari Maurole maupun dari arah Kota Ende putus total. Dampak ikutannya, kini di Kecamatan Detukeli harga bahan pokok melonjak tajam. 

     

    Charles yang baru tiga bulan bekerja di Paroki Detukeli ini mengatakan, untuk sementara warga bergotong royong membersihkan jalan sejauh kemampuan dan berharap ada bantuan alat berat. 

     

    Sementara itu Camat Detukeli Yes Mena mengatakan, akibat longsoran kendaraan baik roda empat maupun roda dua tidak bisa lewat. Roda dua jika mau lewat, kendaraannya harus dipikul. 

     

    "Kita tidak bisa lewat di ruas jalan itu. Kalau motor mau lewat harus dipikul. Karena itu saya berharap pemerintah daerah segera tangani longsoran. Apalagi bahu jalan juga patah karena tertimpa longsoran,' katanya.

     

    Ia berharap sebelum Musrengbang jalan tersebut sudah bisa dilewati. 

     

    Menanggapi hal ini, Bupati Marsel mengatakan laporan terhadap bencana sudah diterimanya dan sedang ditangani.

     

    Menurutnya jalan menuju Detukeli merupakan jalan provinsi. Karenanya Pemerintah provinsi harus segera tindaklanjuti. 

     

    "Kita juga sudah lapor ke provinsi. Meski demikian Pemkab Ende punya kewajiban untuk menangani. Tetapi yang kecil - kecil saja kalau tidak kami langgar aturan dan hokum, "kata Marsel.

     

    Ia menambahkan, kondisi keuangan daerah khususnya untuk tanggap darurat telah habis dan untuk itu pemerintah berencana menggunakan Dana Silpa 2016 yang nantinya akan dibicarakan dengan DPRD Ende. 

     

    Sementara Wakil Bupati Ende Djafar Achmad memerintahkan BPBD untuk segera tanggapi laporan tersebut meski diakui kendaraan berat milik PUPR terbatas karena sudah dimobilisasi ke wilayah lain. 

     

    "Kita pinjam punya swasta dulu, uang bahan bakar kan masih ada untuk sewa alat berat nanti kita bayar kemudian,"kata Djafar Achmad.

     

    Ia  berharap, longsoran yang terjadi di ruas jalan Detukeli segera ditangani sehingga arus transportasi bisa normal kembali.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.