• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 25 Oktober 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Jenazah Marlinda Sere Dipulangkan
    ALEX | Sabtu, 25 Februari 2017 | 08:00 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Jenazah
    Ibadat penerimaan jenasah Marlinda Sere di Kevikepan Ende

     

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET - Setelah hampir satu bulan  menunggu, akhirnya jenazah korban tenggelamnya kapal di perairan Johor Malaysia Marlinda Sere dipulangkan ke kampung halamannya di Dusun Pau Wawo, Desa Jegharangga Kecamatan Nangapanda, Jumat (24/2).

     

    Jenazah Marlinda tiba di Kevikepan Ende sekitar pukul 19.30 Wita di sambut tangis haru keluarga. Di Kevikepan dilakukan serah terima dari BP4TKI kepada keluarga  selanjutnya dilakukan Ibadat yang dipimpin RD. Reginald Piperno. Menurut rencana hari ini, Sabtu (25/2) jenazah Marlinda dimakamkan.

     

    Koordinator program Koalisi Insan Peduli Migran Perantau NTT RD Reginald Piperno, mengatakan, sebenarnya proses pemulangan jenazah Marlinda Sere sudah bisa dilakukan sehari pascaditemukan. Namun terkendala proses identifikasi korban Marlinda Sere. 

     

    "Kondisi korban memang cukup memprihatinkan. Meski demikian ciri fisik masih bisa di kenal seperti gigi taring yang patah yang bisa dikenal oleh suaminya. "kata Piperno.

     

    Dia mejelaskan,  kendala utama sehingga juga membuat jenazah belum bisa dikembalikan ke tanah air yakni identitas yang berbeda. Dimana, kata dia, dalam dokumen surat permandian tertulis Marselina Sere, sementara ijazah Marlina Sere sedang di Kartu Keluarga tertilis nama Marlinda Sere. 

     

    "Kita akhirnya menggunakan KK karena itu tertuang sebagai dokumen negara. Itulah menjadi salah satu kendala kenapa jenazahnya lambat dipulangkan ". paparnya.

     

    Menurutnya, proses identifikasi terus dilakukan oleh tim DVI dengan mengambil DNA orang tua setelah itu baru dipulangkan ke daerahnya. 

     

    Koordinator Koalisi Insan Peduli Migran Perantau NTT Irminus Deni mengatakan, korban Marlinda Sere diterbangkan dari Batam menggunakan pesawat garuda menuju Kupang, Kamis (23/2) dan disemayamkan di RSUD WZ Yohanes. Kemudian diterbangkan ke Maumere menggunakan NAM air, Jumad (24/2) dan selanjutnya dari Maumere bersama tim BP4TKI diantar ke Ende.

     

    Kepada masyarakat dia mengimbau untuk mengurus dokumen jika hendak kerja di luar negeri sehingga jika terjadi hal - hal yang tidak diharapkan bisa segera ditangani. 

     

    "Kami Tim Koalisi Insan Peduli Migran Perantau NTT mengimbau agar masyarakat yang ingin bekerja di  luar negeri untuk mengurus dokumen lengkap sehingga tidak terhambat seperti sekarang ini"kata dia. 

     

    Simplisius Tiga, Kades  Jegharangga ditemui di Kevikepan Ende mengapresiasi media, tim Koalisi Insan Peduli Migran Perantau NTT, KBRI,  serta pihak kepolisian dan BP3TKI yang  sudah membantu keluarga dalam proses pemulangan khususnya pihak kepolisian yang sudah mengambil DNA untuk proses identifikasi.

     

    "Sudah saatnya pemerintah desa membuat  Perdes migran dan Perantau, Pemerintah daerah juga perlu membuat Perda yang sama untuk memberikan aturan sehingga memberikan pengawasan sehingga bisa menekan angka TKI Ilegal,"katanya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.