• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 06 April 2020

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Peringati HUT KKI, Wabup Ende Bongkar "Kandang" ODGJ
    ALEX | Minggu, 26 Februari 2017 | 09:20 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Peringati
    Wakil Bupati Ende Djafar Achmad saar HUT KKI

     

    ENDE,FLOBAMORA.NET - Memperingati Hari Ulang Tahun Kelompok Karya Insani (KKI) I, Wakil bupati Ende Djafar Achmad melakukan pembongkaran 'kandang' Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang selama ini menjadi rumah tempat dipasungnya Herman Yosef Nuel.

     

    Pembongkaran 'kandang' tersebut,Sabtu(25/2) di kampung Nuamere,Roworeke, Kelurahan Rewarangga, Kecamatan Ende Timur.

     

    Ikut dalam acara tersebut,Ketua DPRD Ende Herman Yosep Wadhi,Ketua komisi 3 DPRD Ende Yulius Cesar Nonga,Kepala Dinas Sosial Yeremias Bore,Ketua KKI P.Avent Saur,SVD,serta anggota KKI,lurah,keluarga dan masyarakat sekitar.

     

    Mengusung  tema “Bebas Pasung, Bebas stigma” pada ulang tahun ini, KKI melakukan beberapa kegiatan kemanusiaan, mulai dari pembongkaran kandang ODGJ, memberikan makanan dan minuman bagi orang gangguan jiwa di jalan dan pasar hingga gelar seminar gangguan jiwa pada 4 Maret 2017 mendatang.

     

    Koordinator KKI, P. Avent Saur, SVD dalam sapaannya mengatakan,KKI merupakan gabungan orang-orang yang peduli terhadap kehidupan sosial,dengan memperhatikan orang gangguan jiwa .Ini merupakan bagian untuk menjaga martabat manusia.

    Menurut dia,kehidupan manusia tidak dilihat dari jabatannya, tidak dilihat dari harta kekayaannya tetapi dilihat derajat dan martabat manusia.

    “Saya tidak melihat jabatannya, tidak melihat Pak Wakil Bupati atau Ketua DPR,D tidak melihat produktifitasnya, bukan karena tampang gagah tetapi saya melihat sebagai martabat sebagai seorang manusia,” katanya.

    Kata dia, da dua hal yang ingin dicapai oleh KKI yang beranggotakan 121 orang ini yakni,bebas stigma atau berpikir negatif terhadap orang dengan gangguan jiwa dan bebas pasung.

    Pikiran negatif, lanjut dia, memandang salah terhadap manusia lain. Misalnya, terhadap orang yang gangguan jiwa, orang yang cacat, orang yang tidak memiliki anggota tubuh.

    “Nah, ini yang disebut stigma negatif karena kita salah melihat manusia lain, martabat dan derajat manusia adalah sama-sama diberikan oleh Tuhan,” jelasnya sambil menambahkan capaian kedua, yang ingin dilakukan bebas pasung terhadap  orang dengan gangguan jiwa.

    Selanjutnya ia mengatakan, setelah melakukan bongkar kandang Herman Yosep Nuel, akan dilakukan pengobatan di panti rehabilitasi Jiwa Renceng Mose Ruteng Manggarai.

    Ketua DPRD Ende,Herman Yoseph Wadhi menyampaikan profisiat dan apresiasi terhadap KKI.Menurut dia ini pekerjaan yang mulia dan sangat luar biasa.KKI bekerja dengan hati dan ini tidak semua orang bisa melakukan.

    "Inilah kemitraan antara pemerintah dan masyarakat.Ditengah hal-hal yang dilupakan pemerintah ada KKI yang tampil melakukan aksi kemanusiaan.Ini luar biasa karena mereka bekerja dengan hati,"paparnya.

    Sementara itu, Wakil Bupati Ende, Djafar Ahmad dalam sambutannya memberi apresiasi terhadap komunitas peduli kemanusian ini.Diakui Djafat pemerintah kurang memperhatikan kerja hal-hal kecil seperti yang dilakukan KKI.

    Menurut dia ini pekerjaan yang luar biasa. Selama ini, kata dia,pemerintah lebih sibuk dengan hal besar tetapi hal kecil kurang perhatikan.Dirinya lalu meminta KKI untuk mendaftarkan diri sebagai anggota KKI.

    “Tolong dicatat saya masuk sebagai anggota kelompok juga,kalau sekarang anggotanya sudah 121 orang,maka saya yang ke 122,Pak Ktua DPRD ke 123,"kata dia.

    Ia bersepakat bersama Ketua DPRD Ende, Herman Yosep Wadhi untuk mengikuti kegiatan sosial yang dilakukan KKI setiap Hari Sabtu memberi makan kepada orang dengan gangguan jiwa di Ende.

    Untuk diketahui, setelah dilakukan pembongkaran kandang Herman Yosep Nuel, dilanjutkan dengan memberi makanan terhadap orang gangguan jiwa yang ada di kota Ende mulai dari Roworeke, Kecamatan Ende Timur sampai ke Mbomba, Kecamatan Ende Utara.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.