• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 26 Agustus 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Mahasiswa di Ende Gelar Aksi Damai Tolak Radikalisme
    ALEX | Kamis, 11 Mei 2017 | 12:24 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Mahasiswa
    Mahasiswa di Ende Gelar Aksi Damai Tolak Radikalisme di Lapangan Pancasila

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Ratusan mahasiswa dan dosen dari lima Perguruan Tinggi di Kota Ende melakukan aksi dan seruan moral demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang salah satunya menolak segala bentuk intoleransi dan radikalisme.

     

    Seruan moral dan pernyataan sikap tersebut disampaikan oleh perwakilan dari lima Perguruan Tinggi masing-masing Universitas Flores,Sekolah Tinggi Pastoral Atma Reksa,Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Sta Ursula,Akademi Komunitas Negeri Ende dan STKIP Simbiosis.

     

    Kegiatan aksi dan seruan moral komunitas PT di Ende berlangsung di Lapangan Pancasila,Kamis (11/4) yang dimulai sejak pukul 09.00 wita dimana sebelum membacakan pernyataan sikap dan seruan moral didahului dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan,orasi dan doa dari tokoh lintas agama.

     

    Dalam pernyataan sikapnya komunitas Perguruan Tinggi menyatakan sikap untuk siap menjadi pilar terdepan dalam mengawal NKRIsiap melanjutkan legasi pembangunan demi tegaknya dan langgengnya NKRI.Disamping itu,komunitas PT juga menjunjung tinggi persatuan dan toleransi serta  mengangkat sumpah setia kepada empat pilar kebangsaan yakni Pancasila,UUD 45,Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

     

    "Kami juga mengajak semua warga untuk mengambil peran sesuai cara masing-masing secara beradab,bertanggung jawab,serta menolak segala bentuk intoleransi dan radikalisme yang ada di kampus baik PTN/PTS" demikian seruan dari perwakilan dari lima Perguruan Tinggi tersebut.

     

    Sementara itu Ketua STPM Sta.Ursula Sr.Ita Batmomolin,OSU mengatakan aksi ini dilakukan serentak  oleh Komunitas PT  yang ada di NTT.Aksi yang digelar di Ende merupakan bagian dari aksi lainnya di beberapa kota kabupaten dimana intinya sama merawat kebhinekaan,menjaga NKRI,dan toleransi.

     

    "Tidak ada urusan dengan Ahok,kami mau mengungkapkan  seruan karena kondisi NKRI kini seakan mulai "digugat" oleh kelompok kecil untuk kepentingan sesaat yang pragmatis serta egoisme sepihak," sebut Sr.Batmomolin.

     

    Karena itu tambah dia, negara tidak boleh diganggu oleh paham-paham radikalisme karena bangsa ini lahir dari keberagamaan.

     

    Sementara itu salah satu peserta Yasinta Hendra Min,mahasiswa Universitas Flores mengatakan persatuan dan kesatuan NKRI yang sudah terjadi dan ada jangan sampai terkoyak dengan adanya radikalisme dan paham intoleransi.Karena itu sebagai generasi muda akan terus bergerak mempertahan kebhinekaan dan terus melawan radikalisme.

     

    Herlina Noa mahasiswa STPM mengatakan poin dari aksi yang digelar yang dia petik adalah sebagai generasi penerus bangsa, dirinya melihat keberagamaan yang ada di Indinesia adalah sebuah kekayaan.Karenanya diberharap masyarakat NTT umumnya dsn Ende khususnya untuk terus merawat.

     

    "Mari kita sama-sama jaga persatuan dan toleransi.Yang kuat melindungi yang lemah,mayoritas lindungi yang minoritas.Apa lagi di sini di Ende butir Pancasila ditemukan" ujar dia.

     

    Dia juga mengajak generasi muda Ende untuk tidak diam dalam merawat kebhinekaan,menjaga NKRI dan melawan segala macam bentuk intoleransi dan radikalisme.

     

    Aksi yang digelar di lapangan Pancasila meski panas tidak mengendorkan semangat para mahasiswa dan dosen untuk berorasi ,menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan membacakan seruan moral dan pernyataan sikap.Aksi ini ditutup dengan tarian gawi bersama dimana tarian itu sendiri menggambarkan persatuan yang dilambangkan dengan bergandengan tangan.Aksi yang berjalan aman dan damai dikawal oleh pihak kepolisian dan TNI.***

     


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.